Dilema Biodiesel dan Bioetanol di Indonesia.

Posted by Unknown Kamis, 09 Oktober 2008 0 komentar
Biodiesel dan bioetanol merupakan sebuah produk pengganti Energi sumber daya minyak bumi di Indonesia. Bisnis ini merupakan suatu peluang yang sangat menguntungkan, karena digunakan oleh seluruh masyarakat dan dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Selain itu juga, dapat membantu perekonomian makro dan mikro di Inodnesia.

Namun dibalik sebuah keuntungan dan peluang tersebut, usaha biodiesel dan bioetanol, masih belum dapat di aplikasikan ke dalam bisnis saat ini. Berikut dijelaskan kenapa bisnis ini belum dapat diterapkan saat ini :

1. Pemerintah Indonesia masih melaksanakan subsidi BBM, sehingga harga BBM di Indonesia saat ini sangat murah. Sedangkan hasil dari produk bioetanol dan biodiesel menghasilkan biaya produksi yang masih tinggi, sehingga harga jual produk ini masih terlampau mahal bagi konsumen.

2. Bahan baku produk bioetanol dan biodiesel belum dapat ditemukan dengan harga produksi yang tepat, sehingga hingga saat ini produk tersebut masih dalam tahap penelitian oleh para peneliti ( baik pemerintah maupun dari kalangan akademis ).

3. Adanya kepentingan politik dan pejabat di Indonesia yang membuat BBM dari sumber minyak bumi masih ditangani oleh Pertamina. Jika terdapat produk pengganti untuk sumber minyak bumi, maka orang yang berkepentingan di perusahaan negara ini akan semakin sulit.

Mungkin dapat kita lihat saat ini, perusahaan - perusahaan besar yang dulu menggebu - gebu untuk mendirikan perusahaan biodisel dan bioetanol. Nasibnya tidak jelas, ditutup tidak tapi tidak beroperasi.

Untuk itu, bagi yang ingin mendirikan usaha bioetanol ataupun biodisel. Saya harapkan adanya perencanaan dan inovasi produk yang benar - benar detail. Jika tidak, maka kerugian dan stop beroperasi akan melanda perusahaan anda. Namun jika perusahaan anda sudah memiliki sumber bahan baku yang dirasa cukup murah dan tersedia secara kontinyu, maka ini adalah suatu peluang bisnis yang menguntungkan untuk jangka panjang.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Dilema Biodiesel dan Bioetanol di Indonesia.
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://gajaksahda.blogspot.com/2008/10/dilema-biodiesel-dan-bioetanol-di.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini