Memancing tanpa tahu ikannya, apa jadinya...???

Posted by Unknown Jumat, 25 Juli 2008 0 komentar
Kemarin, kebetulan agen saya datang ke kantor. Dia bermaksud untuk meminta proposal bisnis yang telah saya buat, kebetulan dia juga berminat untuk menjadi invesor saya. Setelah saya jelaskan sedikit mengenai perkembangan dan langkah - langkah untuk menjadi investor, saya menanyakan kepadanya tentang usahanya saat ini ( kebetulan dia juga merupakan salah satu pemilik saham waralaba ). Dan kebetulan dia meminta bantuan untuk dicarikan tempat-tempat yang strategis untuk outletnya, kemudian saya bertanya : " lokasinya yang seperti apa? ", dia menjawab : " ya... pokoknya tempat yang bisa untuk menjual produk saya " . Kemudian saya bertanya lagi : " Produk bapak segmentasinya kemana, nanti biar saya carikan lokasi yang tepat". Terlihat dia diam sebentar sambil memikirkan sesuatu... Kemudian saya bertanya lagi : " apa bapak sudah menganalisa pasar bapak, atau bapak pernah melakukan penelitian terhadap produk bapak? Dia terlihat berdiam lagi, dan sambil mengangguk - angguk, dan dia menjawab : " saya tahu pasar untuk produk saya, tapi gak bisa saya jelaskan secara kata - kata ". Kemudian saya tersenyum, dan berkata : " Bagaimana saya bisa membantu bapak, jika pasar yang ingin dituju saja saya tidak tahu. Takutnya kalo nanti setelah saya pilihkan lokasinya, dan ternyata jauh dari konsumen yang bapak inginkan, bisa mengakibatkan penjualannya agak sulit.
Berangkat dari pertanyaan sebelumnya, saya mendapatkan kesimpulan bahwa agen saya ini belum memiliki perencanaan pemasaran yang matang. Bahkan bisa dibilang tidak memiliki konsep dalam memasarkan produknya. Setelah itu, sedikit demi sedikit saya jelaskan mengenai pembuatan konsep pemasaran atau yang lebih dikenal "Marketing Plan".
Kejadian diatas mengibaratkan jika kita ingin memancing ikan di kolam, sedangkan kita tidak mengetahui ikan apa yang ada dikolam tersebut. Bagaimana kita akan memancingnya? umpan apa yang akan kita gunakan? Jika kita hanya memiliki umpan cacing, ikan apa yang paling suka makan cacing dan biasanya berada di daerah yang sepeti apa? Itulah gunanya analisa pasar, sebelum kita merencanakan strategi pemasaran untuk produk kita. Sehingga kita bisa mengefektifkan strategi pemasaran kita dan mencapai hasil yang maksimal ( penjualan )
Semoga ini jadi pembelajaran kita juga, agar kita harus melakukan perencanaan sebelum memulai usaha. Karena saat ini, banyak enterprenuer yang memiliki modal semangat tanpa diimbangi dengan perencanaan atau konsep yang kuat. Sehingga banyak mengakibatkan hancurnya usaha tersebut.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Memancing tanpa tahu ikannya, apa jadinya...???
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2008/07/memancing-tanpa-tahu-ikannya-apa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini