Penerapan Strategi Pemasaran

Posted by Yanuar Gajaksahda Kamis, 28 Mei 2009 0 komentar
Dalam strategi pemasaran ada beberapa hal yang sering dikatakan oleh para ahli pemasaran, yaitu 4P atau 5P.

1. PRODUK
Mengapa produk dimasukan dalam sebuah strategi dalam pemasaran? Karena pada intinya produk merupakan suatu hal yang akan dipasarkan, sehingga pemasar akan menggunakan produk tersebut untuk melakukan strategi pemasaran.

Dalam bidang produk, kita harus memberikan nilai lebih yang dibutuhkan oleh konsumen, atau membuat produk yang sesuai dengan segmen pasar yang ingin kita tuju. Misal kita ingin jual suasana cafe dengan segmentasi ke pebisnis, maka suasana yang nyaman dan mendukung kegiatan bisnis merupakan nilai lebih.

Dalam produk kita harus tahu: kelemahan dan keunggulan produk tersebut. Setelah itu kita bisa mengetahui apakah produk tersebut merupakan kebutuhan konsumen atau tidak. Jangan sampai keunggulan produk yang kita miliki, tidak sesuai dengan keinginan pelanggan. Mis: Kita punya usaha rumah makan yang segmentasinya keluarga dengan tingkat pendapatan kebawah, untuk memberikan nilai lebih maka rumah makan tersebut menyajikan pertunjukan life musik dengan harapan pengunjung dapat menikmati suasana rumah makan.

Hal tersebut sangatlah tidak efektif, karena pertunjukan musik tidak begitu dibutuhkan oleh konsumen keluarga kecil. Mereka lebih membutuhkan tempat bermain untuk anak - anaknya. Jika usaha rumah makan anda memiliki segmen ke anak muda, mungkin hal tersebut bisa menjadi nilai tambah bagi produk anda.


2. PROMOSI
Penerapan strategi promosi dalam pemasaran berguna untuk :
  • Memberikan informasi perusahaan
  • Menarik minat konsumen
  • Memberikan nilai lebih bagi perusahaan
  • Meningkatkan penjualan
Dalam siklus bisnis, kita biasa mengenal : permulaan, pertumbuhan, pengembangan, kejayaan, stagnan dan penurunan. Demikian juga dengan konsumen, terdapat siklus dalam membeli.

Perkenalan : masa perkenalan ini masa dimana konsumen belum mengetahui tentang produk kita. Dalam siklus ini, kita harus menjelaskan keunggulan produk, harga, company profile, dll.
Dalam masa ini biasanya strategi promosi ini berguna agar konsumen mau untuk mencoba / tertarik dengan produk kita.

Tertarik tidaknya konsumen, biasanya berngkat dari : nilai produk, fungsi produk, strategi penawaran, strategi promosi ( benefit lebih yang dibutuhkan ). Sehingga keunggulan produk harus sesuai dengan keinginan konsumen, dan dijelaskan dalam strategi promosi awal.

Mencoba Membeli : Setelah tertarik, biasanya seorang konsumen akan membeli dengan kapasitas sedikit atau mencoba untuk produk ini. Jika harga produknya sangat terjangkau, maka biasanya semakin besar konsumen dalam mencoba untuk membeli produk tersebut.

Di masa ini juga, tingkat keberhasilan dilihat pada cara penawaran dari tenaga penjual kita dan strategi penjualan perusahaan. Semakin baik cara menjualnya, maka semakin banyak konsumen yang melakukan pembelian, sehingga diharapkan semakin banyak konsumen yang menajdai pelanggan. Awal pembelian, bukan merupakan patokan / ukuran dalam menilai penjualan kita. Karena pada umumnya konsumen akan melakukan pembelian jika belum mengetahui ttg produk kita, namun setelah pernah mencoba maka konsumen akan menseleksi produk.

Experience ( Pengalaman )
Setelah membeli, produk tersebut akan dicoba dan dibanding - bandingkan dengan produk yang telah konsumen gunakan, atau dengan produk pesaing. Dalam tahap ini, biasanya konsumen menilai keunggulan, kelemahan, nilai lebih yang sesuai dengan prilaku mereka. Untuk itu, dalam pengalaman pertama ini, sangat mempengaruhi konsumen untuk menjadi pelanggan.


Meningkatkan pembelian :
Setelah kita melaksanakan strategi promosi untuk perkenalan produk, maka selanjutkan membuat strategi promosi untuk meningkatkan penjualan.

Saran: bagi anda pemilik usaha, sebisa mungkin dapat menerapkan satrategi promosi atau publikasi untuk perkenalan usaha anda. Jangan samapai hal ini diabaikan, kecuali jika anda bisa menggunakan kekuatan jaringan (relasi atau link) anda.


3. Place (Tempat) / Distribusi
Pendistribusian produk berguna untuk mendekatkan produk kita dengan konsumen. Jika produk merupakan kebutuhan sehari - hari, maka sebisa mungkin dekat dengan lokasi tempat tinggal mereka. Jika produknya toko, warung, atau tempat, maka pendistribusiannya adalah pemilihan letak lokasi yang mendekati dengan segmentasi pasar yang kita tuju.

Pendistribusian produk - produk kebutuhan sehari - hari, biasanya menggunakan tenaga salesman dengan jadwal kunjungan ke outlet-outlet setiap harinya.

Penjelasan lengkap bagaimana cara pendistribusian produk, dapat dilihat disini.


4. Price ( Harga )
Dalam penentuan harga ada dua hal yang bisa menjadi pertimbangan kita, yaitu :
1) Dilihat dari segi produksi. Biaya melalui biaya HPP + prakiraan biaya operasional +
keuntungan yang ingin kita capai.
2) Harga yang sudah ada dipasaran atau harga pesaing.

Kita bisa melakukan dengan mengambil 2 pertimbangan diatas dalam penentuan harga. Jika pesaing kita memberikan harga 10rb, sedangkan kebutuhan anggaran biaya kita mencapai 11rb. Maka kita bisa memberikan harga 12rb dengan meningkatkan pelayanan.

Dalam penentuan harga tersebut, dijelaskan juga untuk pemberian harga untuk Pengecer, Grosir, Distributor, dll. Atau menghitung dengan jumlah pembelian. Ini harus dilakukan untuk produk kebutuhan rumah tangga atau makanan ringan.

5. Packaging ( Kemasan )
Strategi kemasan produk merupakan nilai lebih yang diberikan sebuah produk, selain itu juga strategi kemasan dapat meningkatkan brand image yang dibangun perusahaan. Belakangan ini strategi kemasan masuk pada strategi utama yang dilaksanakan perusahaan, karena prilaku konsumen di Indonesia sangat memperhatikan kemasan yang menarik. Sehingga sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan suatu produk.

Saat ini banyak produk - produk yang kualitasnya tidak bagus, tapi karena dikemas dengan menarik dan terlihat elegan, maka nilai penjualannya bisa meningkat. Bahkan kegiatan diferensiasi suatu produk, bisa dilahirkan dengan pergantian kemasan yang lebih nyaman.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penerapan Strategi Pemasaran
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/05/penerapan-strategi-pemasaran.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini

Google+ Followers