Potensi Pupuk Organik Pupuk Kascing

Posted by Yanuar Gajaksahda Jumat, 01 Mei 2009 6 komentar
Saat ini para penggarap tanah masih menggantungkan pupuk anorganik (pupuk buatan) untuk tanaman mereka. Pupuk anorganik memang dapat meningkatkan hasil panen secara cepat. Namun disamping harganya mahal, apabila sering menggunakan pupuk ini, tanah akan menjadi keras dan miskin akan hara dan tanah tidak dapat menghisap air.

Jadi bila digenangi air tidak dapat dapat meresap kedalam tanah, sehingga akar tanaman sulit menyerap hara dan ini akan mengganggu pertumbuhannya, tanaman menjadi kerdil demikian pula hasil panennya akan merosot.

Untuk dapat ditanami kembali, tanah harus menggunakan pupuk yang semakin hari semakin meningkat jumlah keperluannya. Tanah yang sering diberi pupuk anorganik lambat launakan menjadi asam dan untuk memperbaikinya diperlukan pengapuran, sehingga memerlukan tambahan biaya.

Sekarang sudah banyak para penggarap tanah yang sadar untuk kembali kesifat alami, yaitu menggunakan pupuk organik untuk menggarap tanamannya. Sehubungan dengan itu banyak sekali pabrik-pabrik pembuat pupuk organik. Karena dibuat dengan menggunakan alat-alat yang canggih, maka harga produksinya pun menjadi mahal.

Padahal bila kita beternak cacing tanah, akan dapat menghasilkan pupuk organik bermutu tinggi yang popular dengan istilah kascing atau bekas cacing, bahasa internasionalnya castings. Kascing adalah kotoran (faeces) cacing tanah, mengandung hampir semua unsur yang dibutuhkan oleh tanaman dan dapat langsung dipergunakan , tidak perlu menunggu lama-lama. Dengan ddemikian beternak cacing disamping mendapatkan hasil dari cacingnya sendiri juga dapat mendapatkan tambahan dari penjualan kascingnya.

Struktur tanah yang telah rusak yang diakibatkan oleh penggunaan pupuk anoganik dapat dikembalikan secara perlahan-lahan dengan kascing. Kascing disamping mengandung hampir semua unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, juga bersifat hidrokopis yang mengakibatkan tanah disekitarnya menjadi lembab dan gembur, menghidupkan micro organisme yang berguna bagi tanaman, sehingga tanaman menjadi subur.

Kascing mempunyai kelebihan yangtidak dimiliki oleh pupuk anorganik (buatan) yaitu : dapat memperbaiki struktur tanah , baik struktur biologi, kimiawi serta fisikanya. Kascing dapat menambah kandungan humus atau bahan organik, ini disebabkan C/N nya rendah. Kascing dapat memperbaiki jasad renik tanah, dan dapat menambah usur hara makanan yang dibutuhkan tanaman.

Kascing merupakan pupuk organik, namun kascing mempunyai kelebihan dari pupuk organik lainnya disebabkan kascing mempunyai hampir semua unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman dan unsur makronya lebih tinggi, besifat netral dengan PH rata-rata 6,8. Dengan demikian nilai tambah dari kascing, mutunya lebih baik dan penggunaannya menjadi lebih sedikit.

Kandungan zat hara pada kascing yaitu :
C : 20,20 % Zn : 3,35 mg/100g
N : 1,58 % Mg : 21,80 mg/100g
P : 70,30 mg/100g Fe : 1,35 mg/100g
K : 21,80 mg/100g Mn : 66,15 mg/100g
Ca: 34,99 mg/100g Bo : 3,43 mg/100g

Disamping itu, kascing juga mengandung hormon pengatur tumbuh tanaman antara lain : giberelin, sitokinin, dan auxin. Itulah sebabnya kascing dapat menyuburkan tanaman dan juga dapat memperbaiki kualitas tanaman.


ANEKA RAGAM MANFAAT KASCING

Kascing sebagai pupuk akar
Pupuk akar yang dimaksud adalah pupuk yang diberikan ke akar langsung baik dengan cara dibenamkan atau ditaburkan. Cara pemberian kascing untuk tanaman yang baru dipindah atau tanaman dalam pot.Letakkan kascing dibawah akar tanaman sebanyak 200 – 400 gram. Pemberian kascing berikutnya selang 45-60 hari.

Untuk tanaman yang sudah tinggi atau tanaman tahunan, gali melingkar pohon tepat dibawah tajuk ( bayang-bayang daun), masukkan kascing 500 – 1000 gram. Pemberian pupuk berikutnya selang 3 bulan.

Untuk tanaman semusim cukup diberikan kascing 3 kali selang 45 hari. Pemakaian secara umum setiap 1 kg kascing untuk 1-2 m2. Pemakaian kascing yang berlebihan tidak akan mematikan tanaman, bahkan leih baik dan penggunaan pupuk anorganik dapat ditiadakan.


Kascing sebagai pupuk daun
Pupuk daun ialah pupuk yang diberikan (disemprot/disiram) langsung ke daun. Cara penggunaan kascing untuk pupuk daun, kascing terlebih dahulu direndam ke dalam air, setiap 1kg kascing dapat direndam dengan 10 liter air kemudian diaduk merata dan diamkan sehari semalam dan sering diaduk.

Air rendaman kascin berwarna coklat muda, bila airnya bewarna coklat tua dan kehitam-hitaman berarti kascingnya tidak murni atau masih bercampur dengan media dan pakan cacing yang umumnya menggunakan kotoran ternak. Saat mau menggunkan, saring terlebih dahulu, dan airnya dapat disemprotkan atau disiramkan langsung ke daun. Ampasnyamasih dapat direndam lagi untuk dipergunakan hari berikutnya.

Apabila air rendaman kascing sudah jernih, berarti sudah tidak dapat dipergunakan sebagai pupuk daun. Ampas sisa rendaman dapat diberikan ke akar tanaman, walaupun sudah berkurang kandungan zat haranya, namun masih dapat menggemburkan tanah sebagai humus. Pupuk daun ini cocok untuk sayur-sayuran, cabai, dan anggrek.


Kascing sebagai perikanan
Dengan menggunakan kascing, kolam atau tambak akan menjadi lebih subur dan tidak beracun. Ini disebabkan plankton-plankton dalam kolam akan tumbuh subur, sehingga hasilnya akan lebih banyak dan khusus untuk bandeng, hasilnya bandeng tidak berbau lumpur.

Pada umumnya cara penggnaan kascing ialah setelah kolam atau tambak dikeringkan kurang lebih 5 – 7 hari, digenangi airsetinggi 5cm selama 3 hari. Kemudian dasar kolam dicangkul supaya menjadi lumpur, setelah itu tebarilah kascing 1kg setiap 1m2 dan biarkan selama seminggu baru diisi air. Kolam siap ditebari ikan. Kascing juga dapat dipergunakan untuk pakan ikan sebagaipengganti pellet, dengan demikian dapat menghemat biaya pemeliharaan.


Kascing sebagai media jamur
Kascing dapat dipergunakan sebagai campuran media untuk pembuatan jamur, terutama jamur merang dan jamur tiram. Jamur pada umumnya memerlukan zat-zat seperti yang diperlukan tanaman, misalnya : N, P, K. Sedangkan kascing mengandung semua unsur-unsur tersebut, bahkan kandungannya lebih tinggi sehingga akan menghasilkan jamur yang lebih banyak dan besar-besar.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Potensi Pupuk Organik Pupuk Kascing
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/05/potensi-pupuk-organik-pupuk-kascing.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Hoi Yan, sebenarnya blogmu arahnya kemana? Kok nggak spesifik tho? Mau cafe, peluang usaha, agribisnis, atau gosip? kapanlagi.com aja spesifik lho, wakakakakaka...

Young Enterprenuer mengatakan...

Blog Gajaksahda dimaksudkan untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan masalah bisnis dan pribadi. Dalam bisnis adalah informasi peluang, analisa produk, konsultasi,manajemen, pemasaran, keuangan, SDM atau yang lain. Jika mengenai pribadi adalah pengalaman pribadi atau hasil pemikiran saya.

Namun untuk kenyaman dalam blog ini masih ada yang kurang. Untuk itu Gajaksahda blogspot sebentar lagi akan berubah template-nya. Agar lebih nyaman dalama mengunjungi blog ini. Mohon doa restu aja yah...

Salam Entreprenuer.

Anonim mengatakan...

salam kenal,
nama saya jauhar,amail Chef_jau@yahoo.co.id.saya sangat tertarik sekali apa yang telah saya baca pada blog anda,seperti budidaya cacing.yang akan saya tanyakan adalah kalo saya membudidaya cacing kemanakah saya menjual hasil panen cacing tersebut (penjamin Pasarnya)yang dekat dengan daerah saya, sementara saya tinggal d kab.Majalengka Propinsi Jawa Barat,mohon supaya membantu dalam hal penjualannya,karena selama ini kita pernah membudidaya cacing tapi penjamin pasarnya tidak ada akhirnya kami bangkrut dan trauma.
sekian dan terimakasih

Young Enterprenuer mengatakan...

@Mas Jauhar: Jika anda sudah melakukan budidaya cacing, anda bisa mencari ke beberapa produsen obat - obatan, produsen jamu, produsen pupuk organik dan beberapa industri jamu atau minuman kesehatan.

Atau jika anda tertarik, silahkan hubungi :
Bpk Drajat Suratman
Jl. S.Musi F3 Kompleks Stadion Bima Cirebon
HP:0818.236.497

Semoga bermanfaat mas.

Dul Bari mengatakan...

aku sangat tertarik dengan kontek budidaya cacing tanah... tetapi saya harus mendapatkan bibitnya dmn. disisi lain sebetulnya saya ingin sekali diskusi. dengan bapak h drajat suratman. sebagai senior di bidang ini. tetapi ketika di hubungi tidak diangkat.
tksh.

Dulbari
dulbari04@gmail.com
087772220797

Dul Bari mengatakan...

aku sangat tertarik dengan kontek budidaya cacing tanah... tetapi saya harus mendapatkan bibitnya dmn. disisi lain sebetulnya saya ingin sekali diskusi. dengan bapak h drajat suratman. sebagai senior di bidang ini. tetapi ketika di hubungi tidak diangkat.
tksh.

Dulbari
dulbari04@gmail.com
087772220797

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini

Google+ Followers