Satu bukti lagi, pentingnya sebuah Proposal Bisnis

Posted by Unknown Kamis, 08 Januari 2009 0 komentar
Kemarin, saya melakukan wawancara dengan seseorang pengusaha muda ( walaupun baru beberapa tahun menekuni bisnis ) yang memiliki 3 bidang usaha. Usahanya tersebut antara lain: Kedai Kopi ( 4 outlet ), Bakoel Komputer, dan Bengkel Motor. Total Omset Usahanya per bulannya mencapai sekitar Rp 500jtan. Wawancara ini merupakan tugas dari pengelolaan website www.bisnisukm.com

Yang patut kita pelajari adalah bagaimana dia mendapatkan semua itu dengan modal awal dari Rp 200rb saja.

Ternyata, Mas Teddy yang memiliki kedai kopi itu menggunakan dana tersebut untuk membuat proposal bisnis. Sehingga dia membeli printer, kertas HVS 2 rim dan segala kebutuhan proposal. Setelah itu, ia dan rekan - rekannya menawarkan proposal tersebut kepada lebih dari 100 orang untuk menanamkan dananya. Penawaran tersebut, termasuk presentasi dan wawancara mengenai usaha kedai kopi tersebut. " Dulu saya menawarkan investasi sebesar Rp 40an jt untuk membuat usaha kedai kopi ini " katanya ketika diwawancarai kemarin di keiko ( sebutan kedai kopi ) Jl Selokan UGM (Belakang Mirota Gejayan).

Saya sedikit terkejut mendengarkan penjelasan dari Tedddie Dian Patria yang baru berumur 27th ini, sebelumnya ia melakukan penelitian bisnis terlebih dahulu dan menggunakan proposal tersebut dalam penawaran investasi. Karena hal ini sangat - sangat mirip dengan apa yang saya lakukan dalam semua bisnis saya. Pada kebanyakan orang, cara ini tidak lah mudah dan jarang ditemui. Kebanyakan calon pebisnis, mereka melakukan sesuai dengan apa yang menurut ia bagus, baik dan sesuai, tentunya hal ini kadang bertentangan dengan keinginan konsumen atau investor yang ingin kita tuju. Sehingga konsep - konsepnya tidak begitu jelas dan kurang terarah atau lebih tepatnya pendapat kita bukan pendapat dari konsumen melainkan pendapat kita sebagai pemilik perusahaan.

Hmmmm.... Hal tersebut menambah keyakinan saya bahwa proposal bisnis itu sangat penting. Karena proposal inilah saya bisa mendapatkan dana untuk permodalan ataupun pengembangan dana usaha saya. Untuk itu, saya menyarankan bagi anda yang ingin membuka usaha, sebaiknya dibuatkan dulu proposal bisnis anda. Setelah itu anda dapat menawarkan bisnis tersebut untuk keperluan investasi ataupun perencanaan pengembangan usaha.

Yang penting dalam proposal adalah analisa dan proyeksi yang sesuai dengan kondisi di lapangan, data tidak mengada - ada dan tidak terlalu berlebihan dalam membuat target. Pertimbangkan juga analisa resiko bisnis, karena setiap bidang usaha memiliki resiko yang berbeda - beda. Setelah itu apa yang harus kita lakukan jika terjadi resiko bisnis tersebut.

Untuk membuat proposal bisnis, bisa lihat artikel saya di bagian lainnya. Jika kurang dimengerti bisa ajukan pertanyaan di comment pada bagian artikel tersebut.

Semoga Bermanfaat, Terima kasih.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Satu bukti lagi, pentingnya sebuah Proposal Bisnis
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/01/satu-bukti-lagi-pentingnya-sebuah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini