INOVASI TIADA HENTI

Posted by Unknown Minggu, 11 Januari 2009 2 komentar
Ide menurut kamus Bahasa Indonesia mempunyai arti pikiran atau gagasan, sedangkan inovasi adalah sesuatu hal yang baru. Terciptanya inovasi dimulai dari munculnya beberapa ide yang diaplikasikan melalui serangkaian proses untuk dikembangkan menjadi sebuah sample / prototype (contoh).

Di era zaman yang serba digital seperti sekarang ini tentu dibutuhkan sebuah produk atau kegiatan yang bisa menarik perhatian masyarakat, yang selanjutnya dapat menjadi trendsetter atau gaya hidup baru di kalangan masyarakat. Untuk menghasilkan sebuah ide yang inovatif tentunya membutuhkan sebuah langkah dan proses yang matang dengan disertai sebuah pengamatan cermat serta yang telah ditelaah terlebih dahulu. Untuk mewujudkan sebuah inovasi tentunya dibutuhkan ide terlebih dahulu untuk modal awal pencapaian. Dalam sebuah komunitas atau kelompok, ide serta inovasi sangatlah dibutuhkan dalam berkegiatan untuk menghindari kebosanan dan memberikan kesegaran anggota yang ada di dalamnya. Sangat banyak cara untuk mendapatkan sebuah ide yang kreatif serta inovatif. Namun kadangkala kita sulit menerapkan ide tersebut untuk dapat diaplikasikan pada sebuah kegiatan, atau kita sulit mendapatkan ide untuk memecahkan segala keterbatasan yang kita miliki.

Disini kita belajar bagaimana caranya kita mendapatkan ide yang inovatif dengan memaksimalkan kreatifitas kita untuk mendapatkan sesuatu hal yang berguna dan membantu permasalahan yang kita miliki. Mengapa harus inovatif, dan apa manfaatnya sesuatu hal yang inovatif tersebut?


Manfaat dari sebuah ide yang inovatif adalah :

Memberikan kemudahan dalam penggunaan.
Produk iPod telah menciptakan kemudahan dalam mendengarkan musik yang dapat dibawa kemana – mana, produk ini lebih mudah digunakan dibandingkan produk walkman. Alat pengangkat galon menciptakan kemudahan dalam membawa galon air mineral untuk dibawa (gambar terlampir). Serta ada juga alat yang memudahkan kita dalam menggunakan sepatu, agar tidak perlu jongkok/duduk pada waktu merapihkan dengan tangan. ( kreasi dari pelajar Jepang ).

Dapat melakukan penghematan biaya.
Seringkali kita mendengar pepatah berikut ini: “ Tak ada rotan, akar pun jadi “. Maksud dari pepatah tersebut adalah mengoptimalkan keterbatasan kita agar dapat meng hasilkan sesuatu yang maksimal. Orang – orang yang kreatif akan selalu dapat memaksimal suatu barang, agar dapat berguna untuk dirinya tanpa harus membeli dengan harga yang tidak terjangkau.

Dapat menambah nilai suatu barang / produk.
Barang yang tidak berguna, kini dapat lebih berguna dan bermanfaat. Seperti alat olahraga (fitness) yang sudah tidak dapat digunakan, kini dapat bermanfaat untuk mesin cuci. Produk ini menggunakan sistem seperti becak yang “digenjot” sehingga dapat memutar bagian mesin untuk mencuci pakaian. Selain itu, masih banyak produk – produk yang sudah tidak terpakai

Dapat menghibur dan memberikan rasa segar ( refreshing ).
Ide – ide yang kreatif dan innovatif dapat memberikan sesuatu yang menyegarkan dan menghibur. Karena setiap manusia pasti akan selalu membutuhkan sesuatu yang berbeda, sehingga haus akan pembaharuan dalam gaya hidupnya. Untuk itulah, kreatifitas yang menyegarkan dan menghibur seringkali dapat menghasilkan keuntungan tersendiri bagi penciptanya. Contoh : Pelatihan dengan cara outbond saat ini lebih banyak disukai oleh perusahaan, karena perpaduan antara pelatihan dan penyegaran otak ( karena setiap hari selalu bekerja ) dapat membantu meningkatkan kinerja pegawainya.

Memberikan suasana yang berbeda.
Suatu hotel yang menawarkan produk alami dengan perpaduan alam yang indah atau rumah sakit yang menawarkan pengobatan herbal tanpa menggunakan bahan kimia. Harganya pasti lebih mahal dan tentunya banyak dikunjungi, karena menawarkan sesuatu hal yang berbeda dengan yang lain.

Dapat menghasilkan pendapatan (commercial )
Dunia Internet seringkali dapat menghasilkan pendapatan yang luar biasa, sebagai contoh adalah web blog. Dulu jika kita ingin menampilkan sesuatu untuk diketahui dunia luar, kita harus menggunakan website yang harganya mahal. Namun, sekarang dengan menggunakan blog, kita dapat memberikan informasi tentang semua aktifitas kita tanpa harus membayar dan tanpa harus berurusan dengan kode-kode yang membuat kita pusing.

Inovasi Ditempat Teratas

Untuk mendapatkan sebuah inovasi yang maksimal dan cermat tentu juga harus dilakukan dengan proses dan langkah yang tepat pula, adapun Langkah – langkah menciptakan sebuah inovasi adalah sebagai berikut :

Memahami pasar, teknologi dan kendala – kendala yang mungkin timbul dari sebuah masalah. Biasanya dalam sebuah proyek, kita sering menantang kendala – kendala itu, tetapi yang sering adalah memahami yang ada saat ini.

Mengamati orang – orang dalam situasi yang sebenarnya, menemukan apa yang membuat mereka bertingkah laku seperti itu, apa yang membingungkan mereka, apa yang mereka suka, apa yang tidak mereka sukai, apa kebutuhan mereka yang tidak terpenuhi oleh produk dan jasa yang tersedia saat ini. Sehingga kita dapat menciptakan sebuah solusi untuk membantu mempermasalahan mereka

Memvisualisasikan konsep – konsep baru tersebut dan para pelanggan yang menggunakannya. Beberapa orang membayangkan langkah ini seperti memprediksi masa depan dan mungkin merupakan tahapan di mana curah pendapat dilakukan secara intensif. Sering kali visualisasi itu berupa gambar atau simulasi komputer, display, sketa atau video, meskipun kita menciptakan dengan ribuan model / prototype untuk sebuah inovasi.

Mengevaluasi dan menyempurkan prototipe secara berulang – ulang dan cepat. Coba untuk tidak terpaku pada beberapa prototipe pertama, karena kita tahu akan berubah. Tidak ada sebuah ide yang begitu sempurna dan bagus sehingga tidak perlu untuk diperbaiki, maka kita merencanakan serangkaian perbaikan. Mendapat masukan dari tim internal, dari para ahli yang tidak terlibat secara langsung dalam proyek dan dari orang – orang yang menjadi sasaran. Mengamati apa yang jalan dan apa yang tidak, apa yang membingungkan, apa yang mereka sukai, dan secara bertahap memperbaiki produk itu dalam percobaan selanjutnya.

Menerapkan konsep baru tersebut untuk komersialisasi. Tahap ini sering kali menjadi bagian yang terlama dan secara teknis paling menantang dalam proses pengembangan, dalam melakukan implementasi konsep tersebut sangat tergantung pada kredibilitas semua kerja kreatif pada tahap sebelumnya.


Inovasi Dimulai dari Mata

Dari mata turun ke hati, dari mata naik ke otak, dari mata lahirlah sebuah ide. Sebuah prinsip sederhana yang telah digunakan para ilmuwan, antropolog, seniman, penulis, wiraswastawan sebagai sebuah pemahaman yang intuitif. Melihat dan mendengar adalah sebuah langkah sederhana awal untuk menciptakan , memperbaiki, membuat sebuah terobosan, baik dalam produk ataupun ide. Begitu anda memahami sesuatu dengan cermat segala macam pemahaman, maka peluang akan segera terbuka.

Hasil dari pengamatan dari mata kita, sebuah informasi dan data – data akan diperoleh untuk diajukan dalam kegiatan analisa atau curah pendapat. Semakin banyak informasi dan data – data yang masuk, maka akan semakin mudah kita menciptakan ide – ide, sehingga semakin besar peluang sebuah inovasi diciptakan. Untuk itu, pengamatan adalah hal utama dalam pencarian titik permasalahan dalam menciptakan sebuah inovasi.

Baik di bidang seni, sains , teknologi, atau bisnis, inspirasi sering kali datang dari kedekatan dengan tindakan. Itulah sebagian alasan mengapa ilmu bumi, bahkan di era internet, inovasi tetap dipelajari. Ide baru didapat serta muncul dari melihat, mencium, mendengar di tempat. Keterlibatan panca indra ini merupakan alasan mengapa orang tetap terbang ke bagian lain di suatu negara untuk menatap.

Kadangkala kita mendapatkan suatu permasalahan yang samar – samar versus permasalahan yang teridentifikasi dengan jelas, jika kita mendapatkan informasi dari pengamat, produsen atau penyelenggara. Ketika anda sedang melakukan pengamatan, saya sarankan agar anda memberikan perhatian khusus pada sasarannya secara langsung, bahkan mencatat kesan, reaksi dan pertanyaan yang muncul. Khususnya masalah – masalah dan hal – hal yang mengganggu mereka. Karena inovasi ini diciptakan untuk mereka (pengguna), sehingga mereka lah yang mengerti bagaimana permasalahan tersebut terjadi.


Curah Pendapat

Curah pendapat atau sharing atau diskusi sangat perlu dilakukan agar gagasan serta harapan – harapan yang ada dapat diwujudkan dengan cepat dan maksimal. Adapun Langkah – langkah melakukan curah pendapat agar didapatkan hasil yang maksimal dan terarah adalah :

Mempertajam Fokus
Pencurah pendapat yang baik mulai dengan menyatakan masalah yang jelas. Bentuknya sesederhana pertanyaan. Gugup dan tegang lebih baik daripada samar – samar. Sesi bisa dimulai dengan lebih baik dan anda dapat mengembalikan para peserta kepada topik utama dengan lebih mudah jika anda mempunyai uraian masalah yang jelas seperti sebuah perusashaan tanpa strategi yang jelas. Anda akan berjalan tanpa tujuan dan membutuhkan banyak keberuntungan / bakat yang luar biasa untuk berhasil. Jika suatu saat anda memimpin sebuah sesi yagn tidak mempunyai arah, luangkan waktu beberapa menit untuk mengembangkan pernyataan masalah dengan baik. Hal ini bukanlah tindakan membuang waktu percuma. Carilah sesuatu yang nyata sehingga partisipasi dapat merasakannya tanpa membatasi kemungkinan solusi – solusinya.

“Bagaimana kita dapat mempercepat waktu untuk memperoleh hasil pertama bagi pencarian yang dilakukan oleh pelanggan melalui hubungan modern” dapat membuka inovasi yang akhirnya meghasilkan keunggulan yang anda cari.

Aturan – aturan yang menyenangkan
Jangan memulai mengkritik dan mendebat sebuah ide. Itu dapat melemahkan energi sesi dengan cukup tepat. Anda memerlukan cara untuk mengesampingkan kritik tanpa mematikan pengkritik sama sekali. Di IDEO banyak ruang rapat yang dihiasi aturan curah pendapat yang dicetak dengan huruf – huruf yang tingginya enam inchi di tembok, contohnya “Kejar Kuantitas”, Munculkan ide – ide gila atau jadilah visual. Tidak mau menulisi tembok anda? Mungkin fasilitator dapat membunyikan bel bila partisipasipan mulai mengubah curah pendapat menjadi rapat biasa. Posisi itu raksasa atau menuliskannya dengan jelas pada papan tulis putih.

Beri nomor ide – ide anda
Memberi nomor tiap – tiap ide cukup mudah dimengerti, bukan? Begitu mudahnya dimengerti sehingga bagi kita memerlukan waktu sepuluh tahun utuk menemukannya. Menomori ide – ide yang muncul dalam curah membantu dalam dua hal. Pertama merupakan alat untuk memotivasi peserta sebelum dan selama sesi (“marilah kita mencoba mendapatkan seratus ide sebelum meningglkan ruangan”) atau mengukur kelancaran curah pendapat yang baru berakhir. Kedua merupakan cara yang bagus untuk melompat mundur atau maju dari ide ke ide tanpa kehilangan jejak di mana anda berada. Kita menemukan bahwa seratus ide per jam biasanya menandakan sesi curah pendapat yang bagus dan lancar. Tapi pada akhirnya kualitas yang terpenting.


Membangun dan Melompat
Para pencurah pendapat yang berenergi lebih, cenderung mengikuti kurva kekuatan yang curam dimana momentum terbangun secara perlahan – lahan yang kemudian berkembang secara intens lalu kemudian mulai mendatar. Fasilitator terbaik dapat mengembangkan percakapan yang muncul dengan sentuhan lembut pada fase pertama dan cukup tahu untuk membiarkan ide – ide pada bagian menanjak dari kurva penyampaian ide.

Ketika energi seseorang melemas pada saat diskusi keandalan failitator benar – benar dibutuhkan. Dalam contoh curah pendapat tentang minuman kopi sambil bersepeda, saran pembangun yang bagus untuk mempertahankan momentum barang kali, peredam kejut merupakan ide yang bagus sekarang apakah ada ide ain agar kopi tidak tumpah saat bersepeda, ketika sepeda menghantam gundukan tanah? Sebaliknya ketika diskusi melemah pernyataan transisi melompat yang bagus mungkin seperti ini. OK mari kita berganti gigi pikirkanlah beberapa solusi tanpa dipegang sama sekali yang memungkinkan pengendara sepeda tetap memegang kemudi dengan kedua tangan terus menerus. Cobalah untuk mendorong dan mengembangkan ide, perkenalkanlah visi kecil atau melmpatlah baik mudur ke jalur sebelum anda lalui atau maju pada pendekatan yang baru sama sekali. Apapun yang anda lakukan cobalah memasuki kurva kekuatan berikutnya dan pertahankan energi.

Ruangan Mengingat
Pemimpin curah pendapat yang bagus mengerti kekuatan ingatan spesial. Tuliskanlah aliran ide – ide pada media yang dapat dilihat oleh seluruh kelompok. Ada banyak teknologi digital yangmuncul untuk kerja kelompok tetapi kita memperoleh sukses besar dengan peralatan yang sangat sederhana seperti spidol, post it yang ditempel di didinding dan gulungan kertas dari toko daging zaman dulu yag diletakkan di atas meja. Curah pendapat adalah proses yang sangat berorientasi pada kelompok, dasn pada penulisan yang cepat yang dilakukan fasilitator adalah salah satu titik fokus yang mempersatukan kelompok.

Kita tidak berbicara tentang pencatatan rapat secara pribadi disini, tetapi menagkap ide – ide bagus sehingga kelompok dapat melihat kemajuan mereka dan kembali kepada hal – hal yang kelihatannya perlu mendapatkan perhatian lebih banyak. Tutuplahn hampir setiap dinding dan permukaan datar kertas sebelum sesi dimulai. Dengan cara itu anda tidak perlu berada pada posisi sulit karena harus menghapus ide – ide pendapat yang telah dicurahkan. Ketika anda secara cepat menangkap ide tim buatlah catatan mental dan ide – ide yang layak ditinjau kembali selama periode pembentukan dan pelompatan. Ketika anda kembali ke posisi di dinding dimana sebuah ide tertulis ingatan spesial membantu orang – orang menangkap kembali pola pikir yang mereka miliki pada waktu ide itu pertama kali muncul.

Regangkanlah Otot – otot Mental anda
Orang – orang sibuk, waktu pendek apakah berguna membakar waktu pada permulaan curah pendapat dengan melakukan berbagai bentuk pemanasan kelompok? Mungkin, tetapi mungkin itu dengan cepat berubah menjadi ya dalam keadaan tertentu :
Bila kelompok belum pernah bekerjasama sebelumnya
Bila kebanyakan anggota kelompok tidak sering curah pendapat
Bila kelompok tampak beralih perhatian dengan menekankan pokok persoalan lain yang tidak ada hubungannya

Ada satu bentuk permainan yang sering dilakukan adalah “permainan kata” cepat untuk menjernihkan pikiran (penyembuhan Zen menyebutnya “pikiran pemula”) dan membuat kelompok menjadi lebih bersahabat Bentuk pemanasan lain adalah mengerjakan pekerjaan rumah yang berhubungan dengan pokok persoalan. Pertama – tama kita memberi pekerjaan rumah kepada dua kelompok, satu kelompok membaca latar belakang dan mendengarkan kuliah para pakar mengenai teknologi. Satu kelompok lagi menghabiskan ½ jam di toko mainan lokal melihat teknik mutakhir dari mainan lokal. Kelompok ketiga tanpa persiapan untuk curah pendapat, dan apa yang terjadi adalah kelompok yang melihat teknologi mutakhir di toko mainanlah yang menjadi pemenang

Lakukan secara fisik
Curah pendapat adalah hal yang sangat visual, didalamya termasuk memetakan sketsa, memetakan pikiran, menggambar diagram dan menempel gambar. Anda tidak perlu seorang seniman hebat untuk dapat mengemukakan maksud anda, dengan sketsa atau diagram, tanggalkan kecemasan anda di pintu dan melmpatlah masuk dengan peralatan visual apa saja yang anda miliki.

Tentunya setelah curah pendapat yang tepat telah dilakukan, akan menghasilkan seratus atau lebih ide – ide, yang mungkin sepuluh diantaranya akan menjadi sebuah yang masuk akal dan diwujudkan. Curah pendapat yang bagus bisa jadi memberi anda perasaan yang fantastis dan sejam kemudian anda berjalan keluar ruangan dengan sedikit lebih kaya pengalaman. Saya pikir perasaan spontan karena semangat tim adalah penyebab kita dapat menemukan begitu banyak solusi yang tidak umum bagi masalah – masalah yang kelihatannya tidak mudah dipecahkan.

Tim mungkin tidak memiliki pegalaman inovasi pada kebanyakan perusahaan, tetapi kelompok dimulai dari undividu – individu. Saya yakin komunitas anda mempunyai banyak orang luar biasa, cocokkan mereka dengan kegiatan yang anda lakukan, tantang mereka dan beri kesempatan kepada yagn berkembang dan lindungi serta bimbing yang melakukan kesalahan. Tidak ada tim bersemangat yang tidak menyelesaikan pekerjaan mereka.


Pembuatan Prototipe adalah perwujutan inovasi

Prototipe atau perwujudan ide gagasan adalah sebuah kondisi pikiran. Bayangkan sebuah tim para pembuat film terbaik, mereka adalah orang – orang yang menyelesaikan pekerjaan. Orang yang membuat sebuah prototipe di setiap harinya untuk dapat terus bertahan, memikirkan cerita berikut dan berikunya.
Membayangkan, menggambar, membuat model, mensketsa ide dsa membuat barang, mendorong terjadinya penemuan yag tidak terduga, tidak jauh tentang bermain dan menjelajahi batas – batas. Prototipe yang memberikan hil terbaik dalam berbagai situasi merupakan sebuah sasaran gerak, prototipe yang baik tidak hanya Cuma bicara namun juga mempgeruhi.

Pembuatan prototipe juga bisa dikatakan membuat sebuah tarian, kadang – kadang musik tidak membuat langkah anda bergerak atau langkah anda berhenti. Tetapi tidak ada kata untuk berhenti. Seperti hambatan yang dialami penulis terjadi ketika seseorang berhenti menulis, demikian juga inovasi akan terhenti jika prototipe berhenti dibuat. Ketika inspirasi menghentikan anda, jangan murung di meja anda. Buatlah sesuatu untuk ide anda.

sumber gambar
atas : www.
itorganization2017.wordpress.com
bawah : www.
entrepreneurthearts.files.wordpress.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: INOVASI TIADA HENTI
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/01/way-of-innovation.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

yupp,,thanx infonya

Unknown mengatakan...

Anda bisa baca buku yang sangat bagus untuk innovasi mas/pak.
Judulnya " The Art of Innovation " pelajaran dari sebuah perusahaan kreatifitas IDEO di Amerika.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini