Website sebagai strategi Branding

Posted by Unknown Selasa, 03 Februari 2009 0 komentar
Ini menjadi cerminan bagi semua orang yang ingin mendapatkan keuntungan melalui website atau web blog. Saat ini strategi CSR bagi perusahaan2 besar makin di galakkan, bahkan ada perusahaan yang memiliki divisi khusus untuk program CSR. Strategi CSR ini adalah salah satu strategi membangun image produk atau perusahaan melalui kegiatan sosial. Kegiatan ini dilakukan untuk segmentasi yang sesuai dengan target pasar mereka, atau mereka ingin menciptakan pasar sendiri. Bisa dibilang bahwa program CSR ini adalah strategi branding bagi mereka, sehingga diharapkan masyarakat lebih mengenal produk - produk mereka.

Dalam dunia website, kadang kala website bisnis kita hanya menginformasikan produk, layanan, harga, contact person, dll. Tapi sama sekali tidak ada hal lainnya yang bisa di dapatkan oleh pengunjung. Sehingga hanya orang - orang yang membutuhkan saja yang akan melihat dan teringat mengenai produk atau perusahaan anda. Namun, jika anda juga memberikan nilai yang lebih untuk website anda dengan memberikan sesuatu hal yang berguna bagi pengunjung, maka pengunjung akan selalu mengingat produk atau mungkin website anda. Diharapkan, hal tersebut akan mendapatkan respon yang baik jika konsumen membutuhkan produk anda.

Jika program CSR suatu perusahaan di lakukan di masyarakat, maka website perusahaan dilakukan untuk para pengunjungnya ( secara online ). Untuk itu, diharapkan pengunjung yang sering mengunjungi website perusahaan, akan selalu mengingat dan mengetahui produk - produk perusahaan. Sehingga jika pengunjung membutuhkan produk kita, maka akan segera mengetahui dimana tempat kunjungannya.

Namun, perlu diketahui juga, apa yang sebenarnyadibutuhkan oleh mereka. Inilah hal yang tersulit untuk dijawab. Jika menurut google search engine, bahwapaling banyak pengunjung mencari hal - hal yang berkaitan dengan Komputer, Internet, atau Informasi Teknologi. Bagaimana dengan produk - produk lainnya?? jangan khawatir, karena setiap katagori produk memiliki peluang pasarnya sendiri2, walaupun tidak sebesar katagori sebelumnya. Untuk itu, sangat penting, hal - hal apa saja yang harus kita informasikan kepada pengunjung.

Apa yang bisa diberikan untuk pengunjung :

1. Anda bisa memberikan informasi mengenai produk anda, baik itu cara penggunaan yang benar atau pun cara penanganan suatu masalah thp produk.

2. Anda bisa memberikan informasi mengenai dunia yang berkaitan dengan produk anda, melalui referensi website lain.

3. Jika anda menjual produk makan atau minuman, sebaiknya anda juga menginformasikan resep - resep menu masakan. Jika anda menjual jasa, berikan sedikit trik dan tips mengenaikeahlian anda. Masih banyak yang bisa anda sajikan berkaitan dengan produk.

4. Jika anda mengetahui latar belakang konsumen anda, maka anda bisa memberikan informasi mengenai dunia mereka. Sehingga mereka bisa mendapatkan informasi tambahan. Contoh: jika konsumen anda adalah pelajar atau mahasiswa, berilah link beberapa website ttg dunia pelajar.

Dari beberapa informasi diatas, perlu juga dijelaskan bahwa jika anda masih awam terhadap penggunaan internet untuk berbisnis, maka jangan langsung mengharapkan hasil yang anda inginkan. Biasanya perlu waktu 3-6 bulan agar mendapatkan pemesanan. Itu pun jika anda rajin mengupdate dan terus memperbaiki website anda. selain itu, anda juga harus mencoba untuk menawarkan melalui berbagai layanan iklan gratis dengan melink ke website anda. Jika anda semakin banyak menampilkan website anda, maka semakin banyak orang yang meliihat website anda, dan juga akan semakin efektif informasi yang anda tampilkan.

Semoga berhasil dan membantu bisnis anda.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Website sebagai strategi Branding
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/02/website-sebagai-strategi-branding.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini