Pemasaran tidak sama dengan penjualan

Posted by Unknown Jumat, 06 Februari 2009 0 komentar
Suatu ketika saat saya sedang sharing mengenai bisnis dengan beberapa teman, ketika itu salah seorang temanku meminta saran kepadaku untuk mengembangkan usahanya. Dengan bersikap ingin membantu, akhirnya aku menanyakan beberapa hal.

" Bagaimana strategi pemasaran yang kamu lakukan " kataku.
" yahhh.. biasalah, cuma menjual ke beberapa tempat" ujarnya.

Saya sedikit tidak mengerti, akhirnya saya tanyakan kembali " Segmen apa yang kamu pilih, dan bagaimana promosinya " tanya ku kembali.

Dia sedikti agak kebingungan dalam menjawabnya. Kemudian saya sedikit menjelaskan " Dalam pemasaran kan ada segmentasi, promosi atau publikasi, distribusi, dan macam2. Nahh.. apa saja yang telah kamu lakukan selama ini " jelasku.

" Pokoknya saya pasarkan produk saya ini ke berbagai tempat dengan menggunakan marketing saya. Bahkan ada yang sampai ke pelosok desa " jelasnya dengan bersemangat.

Saya sedikit tersenyum dengan jawabannya. Dalam hati saya berpikir, bahwa teman saya ini belum mengetahui bagaimana memasarkan produk ke pasar / konsumen. Dan tidak mengerti bagaimana cara memasarkannya. Dia hanya mengetahui cara menjualnya, namun tidak mengetahui segmen mana yang dituju, promosi apa yang digunakan, bagaimana pendistribusian produk ke konsumen, dan lain sebagainya.

Disini, saya hanya ingin sharing saja tentang bagaimana sebaiknya anda bertindak jika anda memiliki produk dan ingin meningkatkan omset.

Pada umumnya pebisnis mengatakan pemasaran adalah penjualan, namun bagi saya pemasaran tidak sama dengan penjualan. Kegiatan pemasaran tidak hanya menjual, tetapi lebih luas lagi lingkupnya. Pemasaran bertanggung jawab terhadap penjualan, pasar, konsumen, pedagang/agen, image, dan lain sebagainya. Namun tidak banyak orang mengetahuinya.

Untuk itu, bagi anda yang masih awam terhadap bidang pemasaran. Berikut sedikit penjelasan dari saya mengenai pemasaran produk.

Sebelum produk anda dipasarkan ke konsumen, sebaiknya anda harus mengetahui producct knowlage ( informasi yang berkaitan produk ).
1. Bagaimana karakter produk tersebut (tahan lama atau tidak, sering digunakan atau tidak, dll)
2. Apa saja keunggulan dan kelemahan produk tersebut dibandingkan produk pesaing.
3. Siapa saja yang menggunakan produk tersebut.
4. Bagaimana cara penggunaannya.
5. Bagaimana keunggulan produk pesaing lainnya.

Setelah anda mengetahui dengan jelas, selanjutnya anda melakukan penelitian ke pasar atau konsumen, agar anda mengerti bagaimana keadaan pasar produk tersebut saat ini, sebelumnya dan perkembangan kedepan. Kemudian anda juga harus mengetahui apa yang diinginkan konsumen terhadap produk tersebut, apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang dalam penggunaan produk tersebut. Dan informasi lainnya mengenai karakter konsumen.

Mungkin bagi anda yang sudah terbiasa berbisnis secara langsung, beberapa hal diatas membuat anda sulit untuk melakukannya. Atau mungkin terlalu teoristis / prosedural, sehingga sulit untuk diterapkan. Namun, jika anda menjalankan satu per satu dengan perlahan - lahan, anda pasti bisa melakukannya.

Kenapa 2 hal tersebut diatas harus anda lakukan?? jawabanya untuk menunjang segala strategi dan kebijakan pemasaran yang akan anda jalankan. Apa bisa kebijakan pemasaran dilaksanakan jika kita tidak mengetahui keadaan konsumen? atau kita hanya mengira - ngira saja tentang keinginan konsumen. Alhasil, sekuat apapun usaha kita, hasil penjualannya kurang/tidak mencapai yang diinginkannya.

Setelah anda mengetahui info produk dan mengetahui keadaan pasar, anda sekarang bisa membuat program atau strategi pemasaran untuk produk anda. Berikut langkah - langkahnya :

1. Buat segmentasi pasar produk anda, dan pilih yang sesuai image produk anda.
- Ini sangat penting agar kita bisa memaksimalkan hasil penjualan. Sehingga segala alat - alat
pemasaran dapat kita efektifkan.
- Anda bisa menentukan segmentasi berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, dengan demikian
anda tidak perlu mengira - ngira lagi.
- Dalam menentukan segmentasi, anda kadang dihadapkan pada sebuah perbedaan yang sangat
tipis, sehingga membingungkan anda. Untuk itu, anda harus jelaskan secara detail konsumen
anda.

2. Setelah itu anda membuat program 5P ( produk, promosi, place/distribusi, price/harga, Packaging/kemasan )
- Apa keunggulan dari produk anda yang tidak dimiliki oleh produk pesaing.
- Bagaimana caranya agar produk anda diketahui oleh konsumen
- Buatlah sesuatu yang menarik dan memiliki nilai lebih, agar konsumen anda tertarik untuk
membeli.
- Bagaimana caranya agar produk anda dekat dengan konsumen. (distribusi). Memilih lokasi
yang strategis/ramai? menggunakan tenaga salesman untuk mendistribusikan ke toko/outlet?
- Dalam menentukan distribusi, anda sebelumnya sudah mengetahui segmentasi pasar anda
pada umumnya bertempat tinggal dimana, seringnya pergi kemana atau main kemana, dll.
- Harga berapa yang sesuai untuk segmentasi anda. Berapa harga jualnya, harga retail, harga
grosir, ( jika melakukan pembelian banyak ), dll.
- Menggunakan kemasan seperti apa, sehingga konsumen tidak merasa repot membawanya.
Bahkan mungkin bisa memberikan nilai tambah, jika kemasan anda sangat menarik.

Dari Strategi pemasaran tersebut diatas maka secara otomatis akan meningkatkan penjualan produk anda. Namun, pada intinya temukan need ( kebutuhan ) dan want ( keinginan ) dari konsumen anda. Jika anda mengetahuinya secara pasti, maka bersiap - siaplah anda untuk mendapatkan penjualan yang sesuai target atau bahkan melebihi.

Tinggal langkah selanjutnya adalah menjaga agar konsumen anda tetap loyal dan bertahan untuk menggunakan produk anda.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pemasaran tidak sama dengan penjualan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/02/pemasaran-tidak-sama-dengan-penjualan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini