Belajar Mengelola Kantin di Jakarta

Posted by Unknown Kamis, 19 Februari 2009 12 komentar
Pengalaman saya dalam membantu saudara untuk menangani usaha kantin di Jakarta minggu kemarin, bagi saya sangat bermanfaat sekali. Dari situ saya bisa mengambil banyak pelajaran yang harus dipersiapkan jika kita ingin membuka usaha kantin, terlebih di areal foodcourt ( tempat
makan yang memiliki beberapa outlet ) baik mall, kampus, sekolah, kantoran, atau dimana saja.

Untuk itu, disini saya ingin sharing dengan semuanya mengenai usaha perkantinan terutama di daerah Jakarta, namun tidak menutup kemungkinan untuk usaha kantin di daerah lainnya.

Saudara saya bernama Ibu Utik, yang sudah menggeluti usaha makanan lebih dari 20th. Sebelumnya ia pernah menangani Suplai Masakan ke Hotel ataupun menjadi manager bagian Cafetaria. Dari beliau saya banyak belajar mengenai cara penanganan usaha kantin atau rumah makan, walau saya sebenarnya tidak begitu ahli dalam bidang kuliner dan hanya bisa makannya saja. Hehehe....

Berikut pelajaran tips bisnis kantin yang bisa saya jelaskan :

  1. Sebelum membuka usaha kantin, sebaiknya kita memiliki jenis makanan yang berbeda dan memiliki citra rasa yang unik.
  2. Produk sangat menjadi pilihan utama sebelum memutuskan membuka kantin, untuk itu sebaiknya anda perhatikan : apakah ingin menawarkan salah satu produk yang spesial (seperti gudeg jogja, soto betawi, ketoprak, pecel madiun ) atau menawarkan berbagai jenis masakan ( sayur mayur ditambah lauk, seperti: ayam, tahu, tempe, telur, dll )
  3. Untuk menjaga citra rasa, anda juga harus memiliki pengetahuan bagaimana cara perawatannya hingga bisa bertahan beberapa waktu.
  4. Untuk produk yang tidak bisa bertahan lama, sebaiknya anda hindarkan dulu ( jika anda baru memulai usaha ini ), karena akan sulit untuk mengelolanya dan bisa menyebabkan kerugian.
  5. Untuk mendapatkan lokasi yang baik, sebaiknya anda mencari informasi di gedung2 perkantoran, sekolah, kampus, dinas pemerintahan, mall atau supermarket.
  6. Untuk pemilihan lokasi, sebaiknya anda survey dulu di lokasi yang akan anda tempati pada jam-jam berikut : pagi sekitar jam 7-8, jam 11 - 14 siang dan jam 16-18 sore. Ini untuk mengetahui kepadatan pengunjung di lokasi tersebut.
  7. Anda bisa menghitung berapa besar pangsa pasar yang anda miliki di tempat tersebut. Anda bisa bertanya, berapa jumlah orang yang ada di tempat tersebut. dan kira2 berapa orang yang makan di tempat tersebut. Jadi bisa anda perkirakan berapa jumah porsi yang harus dijual untuk awal usaha.
  8. Pada umumnya, sesuatu hal yang baru pasti akan dicoba oleh konsumen. Inilah titik yang menentukan langkah anda. Apakah anda bisa menjaga konsumen yang membeli ke tempat anda atau tidak, untuk itu jagalah pelayanan dan citra rasa anda sebaik mungkin.
  9. Untuk masalah minuman, anda bisa menawarkan jenis minuman khusus atau minuman pada umumnya. Seperti : minuman instan ( sachet ), teh, kopi, susu kental, susu bubuk, dll. Jenis minuman pada umumnya anda bisa saling berbagi dengan kantin sebelah jika kehabisan bahan baku.
  10. Untuk sistem administrasi usaha kantin, yang paling anda perhatikan adalah sistem stock bahan, lap.penjualan dan lap.arus kas ( keluar masuk uang ).
  11. Strategi pemasaran yang digunakan untuk usaha perkantinan bisa berupa pembagian brosur, dekorasi kantin yang unik, banner/papan nama, strategi penawaran untuk penjaga kantin ( diusahakan penjaga tidak hanya diam menunggu pembeli, namun lebih menawarkan dan menjelaskan masakan - masakan yang kita miliki ke setiap calon konsumen yang datang).
  12. Untuk mendapatkan produk lainnya, anda bisa melakukan kerjasama dengan pembuat masakan. Hal ini memudahkan anda dalam melakukan penawaran tanpa harus repot. Namun perhatikan sistem kerjasamanya, biasa awalnya hanya titip jual. Setelah berjalan bisa langsung pembayaran penuh pada order berikutnya.
  13. Sebaiknya anda memiliki target penjualan setiap harinya, dengan asumsi jumlah pangsa pasar di lokasi tersebut. Target anda menentukan berkembang atau tidaknya usaha anda.
  14. Jumlah karyawan yang anda perlukan untuk setiap kantin, biasanya 2 orang. Jika anda baru memiliki 1 outlet, sebaiknya kelola sendiri dulu bersama istri/suami/kakak/saudara. Setelah bertambah outlet, maka anda bisa membuka lowongan untuk orang lain. Ingattt.. walau dijaga oleh orang lain, sebaiknya masalah keuangan tetap anda pegang sepenuhnya. Jangan dilepaskan dahulu ke karyawan anda.
  15. Sistem laporan setiap hari harus anda terapkan untuk semua outlet anda ( jika memiliki lebih dari 1 outlet ), terutama laporan stock, lap. penjualan dan laporan arus kas.
  16. Jika anda sudah mulai terbiasa dengan 1 outlet kantin, sebaiknya anda mencari lokasi outlet lainnya. Ini untuk mengembangkan dan menambah keuntungan kantin anda.

Semoga beberapa masukan saya tadi bisa menambah anda semangat dalam membuka usaha kantin dimana pun. Yang paling penting, anda survey, rencanakan, sebelum memutuskan membuka kantin. Namun hal tersebut jangan menjadikan anda tambah pusing hingga tidak jadi membuka usaha kantin.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Belajar Mengelola Kantin di Jakarta
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/02/belajar-mengelola-kantin-di-jakarta.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Pak, bolehka saya dikirmkan contoh laporan keuangan pengelolaan kantin ? sy baru mencoba usaha kantin, namun saya kesulitan membuat laporan keuangannya. mohon dikirim lewat email saya : uthiz@yahoo.com
Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Pada umumnya laporan keuangan yang biasa dibuat oleh usaha kecil menengah seperti usaha kantin ada 3 hal, yaitu :
1. Lap. Arus Kas
2. Lap. Laba Rugi
3. Lap. Neraca

Namun bisa juga ditambahkan dalam pembuatan laporan pembelian dan penjualan secara terpisah.

Bisa, nanti saya kirimkan sample laporan keuangan ke alamat email anda. Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Pak, seneeng sekali jika saya dikirimkan contoh Laporan keuangan kantin, soalnya baru 2 minggu mencoba buka usaha kantin dan bingung membuat laporan keuangannya. Tolong ya Pak, mohon dikirimkan ke :
almudatsir@gmail.com
atau ke :
uthiz@yahoo.com


saalam,

Anonim mengatakan...

Pak, saya baru mau mulai bisnis kantin di perkantoran. Jadi saya butuh contoh laporan keuangan, mohon agar dapat diemail ke santi.triana333@yahoo.com. Contoh laporan tersebut akan saya gunakan sebagai referensi. Makasih banyak ya...

pajri mengatakan...

pak bolehkah saya dikirimkan contoh laporan keuangan pengelolaan kantin? sy baru ingin coba usaha kantin.namun saya belum paham dengan laporan keuangannya mohon kirim lewat email saya:pajriburhan@gmail.com terima kasih

Anonim mengatakan...

Pak saya sedang memulai usaha kantin di kampus saya, boleh saya melihat contoh laporan keuangannya pak?

Anonim mengatakan...

Pak, bolehkah saya dikirimkan contoh laporan keuangan pengelola kantin ke gungintan@gmail.com ?trimakasi

Anonim mengatakan...

Pak, mohon bantuan untuk mengirimkan contoh laporan keuangan kantin kampus, kami sedang mengupayakan mendirikan kantin kampus, tapi kesusahan dgn laporan keuangannya. mohon dikirim ke email: neng_geulis89@ymail.com
terimakasih, pak.

Anonim mengatakan...

pak..saya juga mau dong contoh laporannya...
saya juga mau tanya nih...saya pengin buka kantin, tapi kantin ini saya serahkan ke pegawai langsung,,,saya bingung cara tau kita telah jual berapa porsi, berapa gelas air minum.... bagaimana cara menyiasatinya ya... bingung juga mengenai laporan keuangannya....tolong dijawab dan di email ke loui5_5@yahoo.com ya pak...jawaban dan contoh laporannya kami nantikan..terimakasih

Anonim mengatakan...

pak . saya mau buka kantin . bisa kasih petunjuk di daerah mana dan makanan apa yg banyak diminati . bisa tolong share laporan keuangannya .
vie_79@hotmail.com
terima kasih

Anonim mengatakan...

Pak,terima kasih atas infonya.saya bisa minta tolong kirimkan contoh laporan keuangan dan cara menyiasati pengeluaran porsi makanan dan minuman agar tidak dicurangi pegawai ke adriansyahtampubolon@gmail.com
Terima kasih pak

Unknown mengatakan...

Pakk saya bisa minta contoh laporan
keuangan kantin buat pabrik.Thanks pak .santi yanti798@gmail.com

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini