Membuat Program Promosi #1

Posted by Yanuar Gajaksahda Sabtu, 04 April 2009 0 komentar
Membuat program promosi untuk usaha kecil atau perusahaan besar, sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan produk anda. Namun biaya investasi yang anda keluarkan untuk biaya promosi haruslah efisien dan efektif, karena hal ini bisa mempengaruhi keuangan perusahaan anda. Untuk itu, bagaimana menciptakan strategi promosi yang efektif dan efisien adalah tugas seorang Manager Marketing atau anda sebagai pemilik jika tidak memiliki staf manager marketing.

Sebelum anda membuat program promosi, sebaiknya anda membuat tujuan dan target dari program promosi yang anda lakukan. Sesuaikan dengan program pemasaran lainnya, sehingga memiki kesamaan tujuan dalam mengelola pasar/ konsumen.

Pertimbangan dalam program pemasaran lainnya antara lain:
1. Segmentasi mana yang anda tuju, bagaimana prilakunya, dan berapa pendapatannya.
2. Kemana dan dimana biasanya konsumen anda melakukan aktifitas.
3. Bagaimana strategi distribusi produk anda.
4. Berapa harga jual yang anda berikan dan berapa HPP yang anda dapatkan.
5. Bagaimana produk anda dapat melaksanakan kegiatan promosi.

Menetapkan tujuan program promosi anda :
1. Untuk memperkenalkan produk baru.
2. Meningkatkan image produk.
3. Meningkatkan penjualan.
4. Mengoptimalkan persediaan produk di gudang.
5. Mempertahankan brand saat persaingan semakin gencar.
dan masih banyak tujuan lainnya yang mungkin bisa anda jawab sendiri. Namun inilah garis besar yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu sebelum membuat program promosi.

Setelah itu anda bisa membuat sebuah rancangan program promo dengan mempertimbangkan hal - hal diatas tersebut. Adapun bentuk dari kegiatan promosi, sangat lah tergantung dari pemikiran seorang marketer yang dapat membuat program promosi yang kreatif dan efektif.

Besarnya biaya promosi sangat bergantung dari :

1. Penggunaan media promosi.
Bentuk media promo yang biasa digunakan adalah : Brosur ( 1 warna / full colour ), poster, iklan koran, spanduk, bilboard, website, Blog, Milis, Stiker, Televisi, Radio, dll. Media ini anda perhatikan juga tingkat efektifitas dalam penyebarannya. Media promosi ini biasanya digunakan untuk media publikasi dan informasi, namun jika produk anda membuthkan product knowlage ( informasi yang detail mengenai produk ) maka sarana ini kurang efektif.

2. Bentuk kegiatan program.
0Jika membutuhkan bentuk kegiatan promosi, maka bentuk apa yang dapat dilakukan sangat bergantung dari jenis kegiatan konsumen anda. Tempat tersebut antara lain : Mall, Supermarket, Pasar Tradisional, Pertemuan RT/RW, Arisan, Bazar, perkantoran, dll. Intinya kemana biasanya konsumen anda pergi untuk bersantai atau berkumpul, disitu anda dapat melakukan kegiatan promosi.

3. Jumlah SDM yang digunakan
Ketika anda membuat program promosi, perhatikan jumlah SDM yang terlibat. Karena hal ini akan membuat biaya program tersebut semakin tinggi. Jika anda membutuhkan jumlah SDM yang banyak, anda bisa membuat pembayaran SDM dengan full komisi atau dengan pembayaran 50% untuk biaya operasional ( U.Trans+U.Makan ) dan 50% untuk komisi. Besarnya bisa anda tentukan sendiri, sesuai dengan target penjualan anda.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Membuat Program Promosi #1
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/04/membuat-program-promosi-1.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini

Google+ Followers