Melihat Peluang Bisnis dari Suatu Masalah

Posted by Yanuar Gajaksahda Rabu, 17 September 2014 0 komentar
Jika anda  masih memikirkan mau buka bisnis apa?? dan bagaimana caranya, silahkan simak cerita singkat saya ini. Bukan maksud untuk mengajari, cuma berbagi pengalaman saja kok. Siapa tahu bisa dipelajari dan ambil hikmahnya

And mungkin melihat dan merasakan, ada banyak sekali pertanyaan untuk yang pertama kali mau membuka usaha. Biasanya pertanyaan yang dilontarkan itu - itu saja, tidak ada yang lain. Yang pertama, saya cocoknya bisnis apa yah?? atau peluang bisnis apa yang pas untuk saya, atau juga biasanya diutarakan dengan modal. Saya punya modal 2 jt, kira - kira bisnis apa yang bisa saya lakukan.

Pertanyaan itu wajar bagi orang yang baru pertama kali buka usaha, karena ketidaktahuan mereka sehingga pertanyaan dasar itu di lontarkan. Coba anda bayangkan, dia mempertanyakan diri sendiri, sedangkan kita disuruh menjawab kemampuan dia lewat secuil kata - kata tadi. Bisa anda bayangkan, sesulit apa orang menjawabnya???? 

Sudahlah.. tinggalkan aja orang - orang seperti itu, karena pada dasarnya mereka tidak mau membuka usaha, atau ingin membuka usaha tapi maunya cepet kaya saja. Lha kok bisa??? lhaa.. itu kan sama saja seperti seorang koki yang bertanya kepada kita : Enaknya saya masak apa yah?? Apakah anda bisa menjawab???

Okee..!! tanpa basa basi, saya langsung ke topiknya saja deh. 

Melihat Peluang Bisnis dari Suatu Masalah

Pernahkah anda kecewa terhadap kebutuhan anda yang tidak terpenuhi?? pernahkah anda tidak bisa mendapatkan sesuatu yang di inginkan anda?? atau pernahkah teman - teman anda mengeluh terhadap sesuatu yang tidak bisa dibeli?? Jawabnya pasti : Anda Pasti Sudah Pernah.

Paluang bisnis itu tercipta ketika kita menemukan sebuah permasalahan. Baik itu permasalahan kita, ataupun permasalahan orang disekeliling kita ( berdasarkan pengamatan ataupun pertanyaan ). Jadi, bisnis itu menciptakan kebutuhan konsumen terhadap suatu produk / jasa. Nahh.. tinggal bagaimana kita mengamati permasalahan yang ada disekeliling kita saja.

Dari sebuah masalah tersebut, akan tumbuh kebutuhan. Tinggal kita mengamati lagi, apakah kebutuhan ini hanya untuk segelintir orang atau hampir semua orang??? Apakah permasalahan ini cuma kebutuhan sesaat atau kebutuhan jangka panjang. 

Contoh Kasus :
Anda gemar belanja online, namun sering kali anda menemui penjual yang tidak memiliki kredibilitas atau kredibilitasnya masih ragu - ragu. Padahal yang dia jual, produknya sangat menarik dan bagus. Anda pasti mau beli, tapi harus lihat dulu profilenya. Nahh.. mungkin anda pasti berpikiran, ada gak sih jasa untuk melihat tingkat kredibilitas orang tersebut.

Naahhh... itu kl anda sering melakukan belanja di online. Bagaimana jika anda penggemar otomotif?? apa yang sering anda permasalahkan, atau mungkin permasalahan yang sering dilontarkan oleh temen - teman anda. Hal tersebut, bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang anda lakukan.

Ketika kita sudah mendapatkan permasalahan dan kita sedang mencari sebuah produk atau jasa tersebut, ada banyak hal yang harus kita lakukan.

Yang Pertama
Pahami kebutuhan tersebut secara lebih dalam lagi. Apakah produk tersebut benar - benar dibutuhkan oleh banyak orang, atau hanya kepada sekelompok orang saja.

Yang Kedua
Pelajari produk . jasa tersebut secara lebih mendalam, sehingga anda bisa temukan solusinya.

Yang Ketiga
Cobalah produk atau jasa anda tersebut kepada orang - orang di sekeliling anda. Apakah produk tersebut menjawab kebutuhan atau belum.

Yang Keempat
Jika belum, maka perbaiki produk / jasa anda hingga memenuhi kebutuhan tersebut. Jika sudah, maka produk tersebut siap anda pasarkan. 

Yang Kelima
Bangun jaringan anda dalam bidang produk anda, jika bidang tersebut belum terbentuk jaringan maka anda bisa membangun jaringan dengan orang yang menyukai produk anda.

Jadi pada intinya, jika ada pertanyaan : Saya cocok bisa apa, atau peluang bisnis apa yang sedang bagus, atau semacam itulah. Anda seharusnya bisa menjawab, " Tanyakan saja pada diri anda sendiri dan orang - orang di sekeliling anda.

Okee..!! Cukup itu dulu saja, hal - hal yang harus anda lakukan ketika pertama kali ketika ingin membuka sebuah usaha. Yang penting Action...!! Jangan bertanya terus dan berpikir terus, tapi gak melakukannya. Untuk pertama kali memang kita harus  Try and Error, namun pada akhirnya Produk tersebut bisa menjadikan anda Milyader.

Salam Hangat,
Yanuar Gajaksahda

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Melihat Peluang Bisnis dari Suatu Masalah
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2014/09/melihat-peluang-bisnis-dari-suatu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini

Google+ Followers