KEUNGGULAN KELAPA BOJONG KULONPROGO BELUM MAKSIMAL

Posted by Unknown Kamis, 09 Juli 2009 2 komentar
Meskipun kelapa bojong bulat telah dilepas sebagai varietas unggul nasional, saat ini petani kebun masih belum dapat memanfaatkannya secara maksimal. Pasalnya, pengolahan terhadap produk turunan kelapa belum bisa dikembangkan secara maksimal.



Kelapa bojong bulat yang tumbuh di Desa Bojong, Kec. Panjatan, Kab. Kulonprogo, yang diklaim sebagai kelapa terbaik di Indonesia, masih dijual per butir dengan harga yang sama dengan kelapa pasaran lainnya dengan kisaran harga Rp 1.000/bh.
 
Di Desa Bojong, tempat asal pohon kelapa bojong bulat, petani kebun masih memperlakukan pohon kelapa unggul tersebut sama dengan kelapa lainnya. Bahkan petani belum mengetahui keunggulan kelapa yang di tanam.

" Perawatannya sama, karena harganya juga sama. Para pemilik bahkan tidak mengetahui apakah pohon kelapa miliknya termasuk kualitas unggul atau bukan. Karena pohon kelapa hanya dijadikan penghasilan tambahan. " Kata Suradi, petani kebun warga Desa Bojong.

Ia mengatakan, di Desa Bojong umumnya setiap rumah memiliki pohon kelapa sebagai tanaman pekarangan. Pemilik pohon kelapa biasanya menjual kepada pengepul, dengan pemasaran ke daerah Solo dan lainnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Pembangunan Desa Bojong, Suyatno, mengatakan, meski untuk harga jual kelapa bojong bulat belum dapat dinikmati secara maksimal, permintaan pengiriman bibit kelapa terus mengalami kenaikan.

" Untuk Tahun 2009, kami mengirimkan bibit untuk permintaan di Gunung Kidul, dan Temanggung sebanyak 20.000 bibit. " ujarnya. Sementara untuk regenerasi, pohon kelapa di Desa Bojong telah menyemaikan 600 bibit kelapa yang dikatagorikan super istimewa.

Kini, kata Suyatno, di Desa Bojong telah dibentuk kelaompok Tani Kebun untuk mengoptimalkan pemeliharaan perkebunan kelapa di Desa Bojong. Namun kurangnya permodalan, masih menjadi alasan utama kelapa unggul tersebut belum dapat diolah secara maksimal.

Kelapa bojong bulat dilepas sebagai varietas unggul pada Tahun 2008 oleh tim penyusun pelepasan varietas kelapa, Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY. Hasil uji memperlihatkan banyak keunggulan yang dimiliki kelapa bojong, dibandingkan kelapa jenis lainnya. Keunggulan varietas ini terutama terletak pada kualitas buah.

Dalam keadaan masak, ketebalan daging buah mencapai lebih dari 1,26cm, dengan total berat daging 50gr. Tebalnya daging buah menjadikan kelapa ini kaya kandungan minyak, yakni sekitar 68%, atau nyaris 2 (dua) kali lipat dari kadar minyak kelapa jenis lainnya.

Sumber: Harian Jogja
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KEUNGGULAN KELAPA BOJONG KULONPROGO BELUM MAKSIMAL
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/07/keunggulan-kelapa-bojong-kulonprogo.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

pak yatno ada kontak yang bisa di hubungi?

Unknown mengatakan...

pak yatno ada kontak yang bisa di hubungi?

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini