Saran untuk enterprenuer pemula

Posted by Unknown Kamis, 26 Juni 2008 0 komentar
Belakangan ini saya sering mendengarkan keluhan dari rekan - rekan saya dalam mengadapi dunia usaha. Ada yang bingung mau usaha apa, ada yang nanya bagaimana caranya menjalankan usaha agar bisa konsisten, juga ada yang nanya bagaimana caranya agar produknya bisa diterima oleh konsumen.

Untuk itu, disini saya hanya memberikan saran - saran saja terutama bagi yang ingin membuka usaha atau saat ini sedang menjalankan usaha, mengenai cara mengoperasionalkan usaha anda.

Pertama :
Kenali dan teliti bidang / produk yang akan anda jalankan. Bidang / produk ini bisa dimulai dari hobi, background anda, ataupun peluang yang anda amati. Penelitian ini memerlukan sebuah data - data yang akurat, yang berkaitan dengan kondisi pasar saat ini atau kondisi yang akan datang. Selain itu juga , anda harus menilai tingkat resiko pada produk/ bidang tersebut.

Sering - seringlah bertanya pada praktisi bisnis, konsultan bisnis, usaha lain yang sudah berjalan, atau bisa juga anda membaca berita - berita melalui media surat kabar, tabloid, internet mengenai peluang - peluang bisnis yang menarik bagi anda.

Kedua :
Setelah itu, langkah yang harus diperhatikan adalah membuat sebuah perencanaan. Karena perencanaan itu sangat penting untuk dapat mengontrol dan melaksanakan dari kegiatan bagi usaha anda. Ibaratnya, Bisnis Plan itu adalah sebuah Petunjuk Pelaksanaan bagi pengelola perusahaan anda (untuk anda, manager anda atau orang yang anda percayai untuk mengelola )

Dalam perencanaan ini, anda diharuskan membuat sistem dan langkah - langkah dalam pengoperasionalan usaha anda. Sistem inilah yang nantinya menjadikan alat kontrol bagi perusahaan anda. Sebaiknya anda membuat bisnis kecil dahulu (prototype) dalam menerapkan sistem dan strategi untuk usaha anda, jika berhasil maka anda lakukan perencanaan selanjutnya. Namun jika gagal, segera perbaiki sistem atau strategi tersebut.

Ketiga :
Jika anda telah memiliki investor / penyandang dana, maka segera mungkin anda melaksanakan semua yang telah anda rencanakan sebelumnya. Jalani tahap demi tahap, dan jangan lupa untuk selalu dikontrol hasilnya ( apakah sesuai, tepat waktu, dll ). Jika tidak sesuai maka segera evaluasi untuk segera di perbaiki.

Jika anda belum memiliki investor / penyandang dana, maka anda harus membuat sebuah proposal bisnis terlebih dahulu. Proposal ini berisikan : Rencana Organisasi anda, Produk dan sistem produksinya, analisa pasar, bagaimana anda menerapkan strategi pemasarannya, bagaimana analisa keuangan ( berapa kebutuhan modal dan bagaimana laba ruginya ), serta dokumen - dokumen pendukung lainnya ( Fotocopy identitas, daftar riwayat hidup anda dan partner bisnis anda, dll )

Keempat :
Segera publikasikan proposal anda melalui berbagai media atau relasi anda. Tapi jangan diserahkan terlebh dahulu proposalnya, sebelum anda melakukan pertemuan atau presentasi proposal anda.

Kelima :
Jalankan usaha anda dengan sistem yang telah direncanakan. Jika terjadi perubahan atau perbaikan, maka anda lihat dahulu perencanaan awal anda. Apakah mengganggu program / rencana yang lain? jika tidak... lanjutkan, tetapi jika mengganggu maka evaluasi perubahan tadi.

Keenam :
Dalam melaksanakan usaha, prioritaskan kepentingan konsumen. Jaga kredibilitas usaha anda, dan brand (merek) anda. Usahakan selalu ada evaluasi secara reguler ( tiap minggu, bulan atau triwulan ), dan segera perbaiki atau rancang ulang rencana anda jika terdapat beberapa kesalahan - kesalahan dalam pelaksanaan operasional usaha.

Ketujuh :
Tingkatkan pembelajaran anda terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan usaha anda. Pembelajaran ini dapat melalui diskusi dengan rekan - rekan bisnis, mengikuti seminar / workshop, konsultasi pada praktisi bisnis, melalui referensi buku, media internet atau konsultasi pada jasa konsultan.

Kedelapan :
Konsisten dalam menjalankan usaha anda. Jangan mudah untuk beralih pada usaha lain, jika usaha anda sedang mengalami penurunan. Cari cara dan tetap kembangkan usaha anda, karena masalah itu pasti ada. Semakin besar masalahnya, semakin anda memiliki pengalaman yang bagus untuk memperbaikinya. Tanamkan keyakinan anda, bahwa usaha anda dapat berkembang lebih baik.

Itulah beberapa saran saya kepada rekan - rekan yang lain, semoga dapat membantu rekan - rekan semua agar dapat menjalankan usahanya dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Jangan lupa untuk terus berusaha dan berdoa.

Salam Enterprenuer Muda,




Yanuar Gajaksahda
email: yg_sahda@yahoo.com
www.gajakasahda.blogspot.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Saran untuk enterprenuer pemula
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2008/06/saran-untuk-enterprenuer-pemula.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini