Mendirikan Usaha Pendidikan Anak

Posted by Unknown Rabu, 15 Juli 2009 0 komentar
Ini sebuah cerita dari seorang klien saya yang kebetulan telah saya tangani beberapa waktu lalu. Saat itu ia bingung untuk menentukan bisnis apa yang ingin dilakukannya, sebelumnya ia berkeinginan membuat salah satu usaha dibidang distribusi bahan kimia dan perlengkapannya.

Namun dirasa modal tidak mencukupi, akhirnya ia menghentikan penelitian dan pembuatan rencana bisnis distribusi bahan kimia dan perlengkapannya tersebut. Dan akhirnya, kami bertemu untuk saling diskusi dan konsultasi mengenai keinginan membuat usaha.



Setelah beberapa diskusi dan memberikan pertanyaan, akhirnya saya mengetahui bahwa permasalahan yang di hadapi klien saya ini adalah pemikiran yang salah dalam membuat usaha. Karena menurut dia, membuat usaha haruslah membutuhkan dana minimal Rp 10jt, sehingga ia bingung dalam menentukan usaha tersebut dan memenuhi kebutuhan modalnya.

Setelah saya pelajari dari keahlian dan pengalaman klien saya ini, akhirnya saya menyarankan untuk memulai usaha bidang pendidikan atau kursus secara privat yang notabene tidak membutuhkan dana yang terlalu besar.

Coba anda renungkan... beberapa usaha itu bisa dimulai tanpa modal sekalipun. Misalnya usaha privat yang saya saran tersebut. Anda hanya membutuhkan kemampuan dalam menguasai mata pelajaran secara umum atau khusus bagi siswa SMP atau SMU.

Selebihnya, untuk tempat pelaksanaan anda bisa menggunakan rumah anda sebagai kantor dan beberapa tempat yang tidak terlalu besar untuk menjadikan ruang kelasnya (bisa juga menggunakan ruang tamu anda, jika tidak memiliki ruang khusus)

Jika anda memiliki modal sedikit, anda bisa mempergunakannya untuk :
1. Pembuatan dan penyebaran brosur
2. Pembuatan papan nama
3. Papan Tulis atau fotocopy beberapa modul / kurikulum mata pelajaran yang diberikan.

Adapun strategi yang anda gunakan adalah :

1. Pemilihan mata pelajaran yang ingin diberikan
Dalam pemilihan ini, sebaiknya anda fokus dulu pada apa yang anda kuasai, selanjutnya jika
memang ada yang berminat pada mata pelajaran lain, anda bisa membuka pada tahap
pengembangan usaha.

2. Miliki kekuatan anda dalam melakukan pembelajaran
Sistem pembelajaran anda setidaknya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pada usaha
lainnya. Misalnya: lebih bisa dimengerti, lebih dekat dengan siswa, lebih mengetahui
kurikulum secara baik, memiliki metode pembelajaran yang lebih bisa dimengerti, dll.

3. Menentukan harga yang bersaing
Setelah itu anda menentukan harga jasa anda. Dalam menentukan harga ini, sebaiknya anda survei dahulu harga yang ditawarkan pada usaha sejenis lainnya, sehingga anda bisa menentukan harga yang bersaing dan terjangkau. Pemberian harga ini juga, sangat berkaitan dengan segmentasi yang ingin anda tuju.

4. Melakukan strategi pemasaran yang efektif dan terjangkau
Setelah semuanya sudah siap, anda tinggal menentukan strategi pemasaran yang seperti apa yang efektif dan efisien. Karena fokus dalam analisa usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, maka strategi ini menentukan dalam perkembangan usaha anda.

Dalam strategi pemasaran 4-P (Product, Price, Place dan Promotion) tetap harus mengacu pada hal tersebut. Berikut penjelasannya :

Product : Menentukan sistem pengajaran efektif yang lebih dibutuhkan oleh siswa dalam mendalami mata pelajaran.

Price : Menentukan harga yang bersaing dan bernilai.

Place : Untuk tempat, anda bisa menggunakan tempat tinggal (rumah, kontrakan, atau kost anda sekalipun). Jika memiliki dana lebih, sebaiknya anda membuat papan nama atau banner yang terletak di depan. Agar dapat lebih memperkuat dan meningkatkan strategi promosi usaha anda.

Promosi : Menggunakan strategi promosi yang hemat dan efektif. Misal: penyebaran brosur di lingkungan sekitar anda, promosi melalui arisan ibu - ibu, promosi melalui pamflet yang disebar di sekolah - sekolah. Dan masih banyak kegiatan promosi lainnya yang hemat dan efektif.

Dari semua kebutuhan anda dalam membuat usaha di bidang pendidikan privat atau kursus privat tersebut, anda tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya kemampuan anda dalam memberikan materi pelajaran tersebut, serta beberapa kebutuhan yang dapat anda penuhi sesuai dengan kemampuan anda.

Bagaimana jika anda tidak bisa mengajar atau anda tidak memiliki latar belakang sebagai pengajar? Anda bisa bekerjasama dengan rekan bisnis, untuk memberikan materi - materi pelajaran tersebut. Atau anda merekrut orang yang memiliki kemampuan tersebut. Sedangkan anda, bisa mengurus keperluan operasional lainnya.

Sangat mudah bukan??? Kini saatnya anda menentukan kapan anda ingin untuk menjalankan itu semua, sehingga anda memiliki suatu usaha sendiri.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mendirikan Usaha Pendidikan Anak
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2009/07/mendirikan-usaha-pendidikan-anak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini