Peluang dan Resiko Distributor Produk - Produk Rumah Tangga

Posted by Unknown Kamis, 14 Januari 2010 0 komentar
Artikel kali ini, kita menjelaskan kembali bagaimana kita memulai usaha distributor atau menjual produk - produk kebersihan rumah tangga, dan bagaimana resiko dalam bisnis ini.

Beberapa minggu yang lalu, saya mendapatkan salah satu pertanyaan ini dari salah seorang yang kebetulan sering melihat blog saya ini. Berikut ini pertanyaan dan jawabannya.


Salam hangat, perkenalkan, nama saya Bagus. Saya 27 tahun, sudah menikah dengan seorang putra. Saya adalah salah satu orang yang sangat tertarik untuk menjadi seorang pengusaha.

Sejak masih kuliah, saya sudah berkali-kali saya mencoba dan merintis berbagai bidang usaha, dari bidang agro sampai membuka sebuah toko retail. Namun sampai saat ini belum ada yang bisa berkembang, sehingga keluarga saya cenderung mengarahkan untk menjadi pegawai saja. namun saya sangat tidak minat dan tidak tertarik untuk menjadi pegawai, saya tetap ingin menjadi seorang pengusaha.

Pagi tadi saya bertemu dengan teman saya, dan dia mengatakan bahwa temennya menjual barang kebutuhan rumah tangga seperti deterjen, pencuci piring dll. Saya sangat tertarik untuk belajar, lalu saya dan teman saya menemui teman saya yang jualan barang-barang tersebut.Setelah bertemu dengannya beliau menjelaskan tentang produk2 tsb. lalu saya pulang dan searching di internet, dan saya menemukan bahwa pak Yanuar lah orang nomor satu di jogja tentang produk2 tersebut.

Saya mempunyai impian untuk memiliki usaha produksi barang-barang kebutuhan sehari-hari. Sya ingn menanyakan tiga hal kepada bapak berkaitan dengan usaha yang ingin saya jalankan:
1. bagaimana prospek usaha tersebut?
2. bagaimana saya harus memulai untuk merealisasikan impian tersebut?
3. berdasarkan pengalaman bapak, apa saja kendala dalam bisnis tersebut?

mohon kiranya Bapak berkenan memberi penjelasan. Terimakasih, mudah-mudahan usaha pak Yanuar semakin sukses, amien...

Saya disini ingin menjelaskan kepada anda semua, bagaimana kita dalam memilih dan membuatnya menjadi sebuah peluang bisnis.

Mas Bagus sangatlah yang patut kita hargai dan berikan applaus, karena dia masih muda dan ingin berusaha agar mandiri. Walaupun dia tidak begitu mengetahi bagaimana menjalankan bisnis tersebut.

Pertanyaan 1.
Semua bisnis pastinya menawarkan keuntungan yang sangat menggiurkan, apalagi jika analisa tersebut berada dalam angan - angan anda (pastinya anda menginginkan hal yang baik). Namun patut anda perhatikan, bagaimana pasar dalam bisnis ini. Apakah pemainnya sudah penuh, pasarnya jenuh, ataukah ketidakstabilan kemampuan pasar dalam membeli produk tersebut.

Produk - produk kebersihan rumah tangga yang dimaksud Mas Bagus merupakan kebutuhan sehari - hari yang pasti dibutuhkan setiap rumah tangga. Untuk itu pangsa pasarnya pasti sangatlah luas dan jumlahnya sangatl banyak. Sehingga sangat bagus jika dapat dikembangkan. Namun dalam produk ini, pesaing anda selain dari kompetitor dari perusahaan besar adalah produk home industri / produksi rumah tangga ( saat ini sudah mulai banyak diproduksi).

Jadi intinya pangsa pasar yang begitu luas dan banyak ini, juga memiliki pemain yang banyak dan pemain yang kuat. Namun harus anda ingat, bahwa setiap merek produk memiliki pangsa pasarnya sendiri-sendiri. Mis: Deterjen Rinso, SoKlin, Attack, Wings, atau yang lainnya pasti memiliki pangsa pasarnya masing - masing.

Pertanyaan No.2
Untuk memulai usaha tersebut, anda harus melakukan survey pasar terlebih dahulu. Yang harus disurvey adalah :
1. Produk, Bagaimana produk anda dibandingkan dengan produk - produk pesaing anda. Apa kelebihannya dan apa kekurangannya. Apakah produk anda bisa diterima oleh pasar? dan lain sebagainya.

2. Pesaing / Kompetitor. Siapa saja pesaing/kompetitor anda dan berapa jumlahnya? Produk mereka masuk dalam segmentasi mana, Kelas Atas, Menengah atau Bawah? Berapa harga jualnya, Mereka promosi apa saja dan dimana saja, dan lain sebagainya.

Setelah anda tahu kondisinya, anda dapat menentukan posisi produk anda di pasar. setelah itu anda membuat : Segmentasi Produk, Kriteria Konsumen anda dan Strategi Pemasaran.

Pertanyaan No.3
Bisnis ini merupakan bisnis pendistribusian, artinya anda bertindak sebagai distributor suatu produk. andalah yang berhak mendistribusikan produk - produk ini kemana saja dan berapa saja (kecuali jika anda dan produsen memiliki suatu perjanjian tertentu).

Dalam bisnis pendistribusian produk - produk tersebut, resikonya sangat bergantung dari strategi apa yang anda laksanakan nanti. Berikut ini gambaranstrategi dan resikonya :

Jika anda menggunakan tenaga sales untuk mendistribusikan ke toko - toko / outlet /laundry / hotel. Maka resikonya adalah besarnya gaji yang anda berikan, tidak sesuai dengan target yang dihasilkan. Sehingga usaha akan mengalami kebangkrutan. selain itu jika anda menerapkan sistem titip jual kepada toko - toko, maka modal yang dikeluarkan haruslah besar, dan resiko pengembalian uang yang berada di toko tersebut bisa macet. Belum lagi jika aktifitas salesman anda tidak terkontrol, maka akan mengakibatkan pendistribusian tidak maksimal.

Jika anda menggunakan sistem pendistribusian langsung (dari anda kepada agen/konsumen)
Resikonya adalah penjualan yang bergantung pada anda, sehingga anda dituntut untuk melakukan sebanyak mungkin penjualan. Untuk sistem pembayaran cash, maka mengurangi resiko penipuan ataupun pembayaran terlambat. Namun jika anda memberlakukan sistem DP tempo, maka ada harus memiliki modal yang lebih, dan ini beresiko dalam hal penipuan (baik agen yang baru dikenal ataupun agen lama)

Resiko menjadi distributor selain diatas adalah ketidak stabilan produk yang dihasilkan produsen, sehingga konsumen akan melakukan komplainment kepada anda. Sebaiknya anda juga memiliki after sales kepada konsumen / agen, dan anda juga harus memiliki perjanjian after sales ( jika produk tidak sesuai dapat dikembalikan / return).

Intinya dalam bisnis ini adalah anda harus menjaga Cash Flow dari bisnis anda. Jangan sampai cash flow anda tersendat, karena hal tersebut dapat menyebabkan kebangkrutan.

Demikian penjelasan saya yang cukup singkat ini, semoga dapat membantu anda semua. Terima kasih. Yanuar Gajaksahda
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Peluang dan Resiko Distributor Produk - Produk Rumah Tangga
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2010/01/bagaimana-potensi-dan-memulai-bisnis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini