3 Hal yang bisa membuat usaha kita sukses

Posted by Unknown Jumat, 19 Desember 2008 0 komentar
Mengutip dari wawancara tim Majalah Wirausaha & Keuangan dengan Om Bob Sadino melalui bonus CD Majalah Wirausaha & Keuangan edisi Juli 2008, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi pengusaha sukses. Dalam CD tersebut ada 2 pebisnis yang dilakukan wawancara secara ekslusif, yaitu Anne Ahira dan Bob Sadino.

Namun ada perkataan atau pernyataan Om Bob ( panggilan akrab Bob Sadino ) yang menjadi kekuatan dan menjadi kunci dalam setiap menjalankan rencana bisnis saya, Yaitu 3 Hal yang bisa membuat usaha kita menjadi sukses.

1. The First ( Menjadi yang Pertama )
Om Bob Sadino yang dulu dikenal sebagai suplier ayam broiler merupakan satu - satunya pengusaha yang bermain di katagori usaha ini. Sehingga dia bisa meraih dari hasilnya saat ini. Yang pertama atau the first meruapakan suatu langkah kita memasuki suatu jenis usaha, yang mana pemain lain belum pernah masuk. Jika dalam bahasa pemasaran, strategi ini dijelaskan dalam sebuah buku "Blue Ocean" dimana kita berlayar menjauh dari persaingan dengan menemukan lautan biru yang belum terjamah.

Ini bisa kita lihat juga kasus dari Motor Matic di Indonesia, dimana Yamaha Mio merupakan motor matic yang pertama di Indonesia, dengan segmentasi wanita yang belum terjamah oleh kompetitor lainnya. Hingga saat ini Yamaha Mio masih memegang pemimpin pasar untuk produk Motor Matic.

Bagaimana dengan kondisi sekarang? Kita sekarang dituntut untuk melakukan inovasi - inovasi terhadap produk saat ini, agar menjadi produk yang baru. Atau sekarang kita juga dituntut untuk mencari segmentasi pasar yang belum terpikirkan oleh kompetitor lainnya, biasanya pangsa pasar ini lebih sedikit.

2. The Different ( Menjadi yang berbeda )
Walaupun kita tidak bisa menjadi pemain yang pertama dalam suatu bidang usaha, maka kita harus bisa membuat suatu perbedaan terhadap pesaing kita. Suatu perbedaan disini bisa dilihat dalam produk, strategi penjualannya, strategi promosi, atau yang lain.

Banyak kasus dalam usaha - usaha di Indonesia yang memiliki diferensiasi ini. Namun, tidak sedikit pula usaha - usaha yang gagal dalam meraih pangsa pasar walau sudah melakukan diferensiasi. Ini biasanya mereka ( usaha yang gagal ) tidak mengetahui, " apakah diferensiasi yang mereka lakukan tersebut dibutuhkan oleh konsumen atau tidak? " percuma kita melakukan diferensiasi jika bukan sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen.

Contoh: Usaha rumah makan keluarga melakukan differensiasi dengan menambah suasana bermain anak / taman bermain. Ini merupakan hal yang dibutuhkan oleh konsumennya, karena jika segmentasinya untuk keluarga, biasanya mereka membawa seluruh anggota keluarganya (termasuk anak kecil). Nahh... lain halnya jika Rumah Makan tersebut melakukan diferensiasi dengan menambah panggung musik untuk pengunjung.

Jadi... diferensiasi ini bisa jadi penambahan nilai, atau perubahan budaya yang bisa dirasakan secara langsung oleh segmentasi pasar yang ingin kita tuju. Sebaiknya dilakukan survei konsumen terlebih dahulu sebelum benar - benar diterapkan, sehingga kita bisa melakukan revisi atau perbaikan yang bertujuan untuk memuaskan keinginan konsumen.

3. The Best ( Menjadi yang terbaik )
Jika usaha kita bukan yang pertama / mengawali, dan usaha kita juga tidak bisa melakukan suatu perbedaaan, Langkah The Best wajib kita lakukan untuk menjadikan usaha kita sukses. The best atau yang terbaik haruslah mengukur dari kompetitor atau pesaing yang ada di pasar anda. The best produk, the best marketing, and the best manajemen.

Jangan mengandalkan usaha seadanya jika kita tidak memiliki 2 hal diatas ( The First atau Different ), dan perhatikan kenyamanan konsumen atau pelayanan after sales.

Dengan mempertimbangkan 3 hal tersebut diatas, anda dapat menjadikan usaha anda lebih berhasil dalam meraih keuntungan. Dan anda bisa mengembangkan usaha dengan memaksimalkan Sumber Daya yang ada.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 3 Hal yang bisa membuat usaha kita sukses
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2008/12/3-hal-yang-bisa-membuat-usaha-kita.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini