Bagaimana Melakukan Penelitian Pasar

Posted by Unknown Senin, 22 Desember 2008 0 komentar
Secara Mudahnya, penelitian bisnis dapat kita gunakan untuk kepentingan usaha kita. Namun kadang kala kita tidak bisa bahkan tidak mau untuk melakukan penelitian ini. Dengan alasan memakan waktu dan biaya, serta alasan kita sudah merasa lebih tahu keinginan konsumen, penelitian bisnis kadang di abaikan.

Fungsi dan Tujuan penelitian bisnis :
1. Kita dapat mengetahui keadaan pasar yang sebenarnya, bukan sebuah berita ataupun isu
yang terkadang menyesatkan.
2. Kita dapat mengetahui keinginan konsumen.
3. Dengan jelas kita bisa melihat segmentasi pasar yang ingin kita tuju.
Mis : pangsa pasar kita mahasiswa, setelah disurvei, ternyata macam2 jenis mahasiswa yang
kita ketahui. Ada yang kelas atas/bawah, rajin/malas, senang berbelanja/tidak, mahasiswa
baru, atau tingkat akhir. Semua jenis atau karakter setiap pangsa pasar memiliki
keinginannya masing2, dan kita tidak bisa menebak hanya dari 1 atau 2 orang saja.
4. Kita jadi tahu kebiasaan mereka, main kemana, sama siapa, kesukaanya apa, dll
5. Kita bisa meminta pendapat mereka, jika usaha kita akan dijalankan apa yang harus dilakukan
6. Kita bisa mempromosikan usaha kita kepada mereka, sebelum orang lain tahu.
7. Kita bisa menambah referensi bisnis ataupun relasi.
8. Yang lebih penting lagi, kita bisa menerapkan strategi pemasaran yang cocok untuk mereka.

Untuk itulah, begitu penting penelitian bisnis ini digunakan untuk usaha kita, maka bagi saya ini adalah wajib dilakukan sebelum membuka sebuah usaha. Bagi anda yang belum pernah melakukannya, disini akan saya jelaskan sedikit bagaimana saya menjalankan penelitian yang sifatnya skala kecil.

Langkah - langkah dalam penelitian bisnis :

1. Penelitian bisnis ada banyak cara, seperti : wawancara, pengambilan data di internet, survei
ke konsumen, pedagang, distributor, asosiasi, dosen/pengajar, dll
2. Menyiapkan materi pertanyaan ataupun informasi yang kita butuhkan. Biasanya saya
melakukannya dengan dua cara, yaitu : melakukan searching di internet dan wawancara tatap
muka.
3. Jika dilakukan wawancara, maka kita membuat quisioner terlebih dahulu. Isinya antara lain :
- data-data responden
- pertanyaan seputar bisnis
- pertanyaan seputar produk
- permasalahan konsumen yang sering dihadapi jika menggunakan produk
- keinginan atau harapan konsumen pada produk
- jika produk kita hadir, bagaimana tanggapannya dan apa sarannya.
4. Jumlah orang yang kita wawancarai, biasanya saya mengambil sample 20 - 50 orang. Ini
sangat bergantung dari kualitas data, semakin banyak orang yang kita wawancarai, maka
semakin jelas dan berkualitas data yang kita ambil.
5. Bagaimana menentukan orang yang diwawancarai? Biasanya saya tentukan dulu pangsa
pasarnya. Setelah itu saya cari teman, komunitas, email, milis, dll untuk menentukan siapa
saja yang diwawancarai.
6. Jika dalam perjalanan penelitian, saya sudah menemukan segmentasi yang dirasa pas. Saya
langsung merubah untuk memfokuskan pada segmen tersebut. Contoh : Jika pangsa pasar
mahasiswa, jika ternyata produk saya cocoknya segmentasi mahasiswa kelas atas, saya
langung mengambil sample / responden untuk mahasiswa kelas atas. Dengan ciri - ciri :
membawa mobil, memiliki handpone kelas atas, berpenampilan rapi, fashionable, dll ( ciri2
tersebut sebagai contoh aja )

Setelah itu data - data tersebut kita kumpulkan dan dianalisa. Setelah itu hasil tersebut kita analisa sehingga bisa dijadikan referensi dalam pengambilan keputusan untuk membuat strategi pemasaran. Selain itu anda dapat menentukan jenis segmentasi pasar dengan tepat dan jelas. Jika anda merasa bahwa terdapat kekurangan data, maka anda bisa tambahkan dari data internet, referensi atau buku/majalah.

Tips Bisnis :
Produk akan berhasil jika kita dapat menentukan segmentasi yang tepat dan membuat program pemasaran yang efektif.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bagaimana Melakukan Penelitian Pasar
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gajaksahda.blogspot.com/2008/12/bagaimana-melakukan-penelitian-pasar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TRANSMOJO Tour and Travel support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Gajaksahda.

Bisnis Bidang apa yang ingin diulas di blog Gajaksahda

Cari Blog Ini